Analisis Dampak Lalu Lintas Revitalisasi Pasar Sumbergempol Kabupaten Tulungagung

Ari Styawan(1*), Yosef Cahyo SP(2), Ahmad Ridwan(3),

(1) Universitas Kadiri
(2) Universitas Kadiri
(3) Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) adalah analisis pengaruh perkembangan tata guna lahan terhadap sistem pergerakan arus lalu lintas disekitar, Dalam penelitian Andalalin ini metode yang dijelaskan dalam MKJI 1997 yangkesimpulannya: 1. Revitalisasi Pasar Rakyat Sumbergempol diperkirakan akan menarik perjalanan sebesar 88,9 smp/jam dan membangkitkan perjalanan sebesar 60,6 smp/jam. 2. Hasil penelitian adalah: a. Kondisi ruas jalan sebelum dilakukan Revitalisasi mempunyai V/C Ratio 0,53 yang Level Tingkat Pelayanan nya dalam kategori C. b. Prediksi pada tahun 2019 mempunyai V/C Ratio 0,57. c. Prediksi pada tahun 2024 mempunyai V/C Ratio 0,61, kinerja ruas jalan raya mengalami penurunan tapi Level Tingkat pelayanan masih dalam kategori C. 3 Dampak dari tingkat pelayanan ruas jalan berdasarkan PM No. 96 th. 2015 adalah: - Arus stabil, tetapi pergerakan kendaraan di kendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi dengan kecepatan sekurang-kurangnya 60 km/jam. – Kepadatan lalu lintas sedang karena hambatan internal lalu lintas meningkat. – Pengemudi memiliki keterbatasan untuk kecepatan, pindah jalur dan mendahului. 4. Pihak pengembang pasar harus menyediakan tempat parkir motor minimal luasan harus144,3 m2 dan untuk mobil minimal luasan harus 1203,13 m2.


Keywords


andalalin; pull; awakening; parking

Full Text:

PDF

References


A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri,” Pros. Semnastek, 2017.

E. H. Suntoyo, A. Ridwan, and S. Winarto, “Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Pengembangan Wisata Kampung Coklat,” J. Adm. Publik, 2019.

Anonim, “Peraturan Menteri 75 tahun 2015 tentang Penyelenggara Andalalin.” Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Jakarta, 2015.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. 2000.

S. Dikun and D. Arief, “Strategi Pemecah Masalah Luas Bangunan dan Lalu Lintas,” Bahan Semin. Dampak Pemanfaat. Intensitas Lahan Gedung Tinggi/Superblok di Jakarta terhadap lalu lintasdisekitarnya, 1993.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. ITB Bandung, 1997.

R. J. Salter, Highway Traffic Analysis and Design, Second Edi. London, 1989.

A. I. Candra et al., “PENGECEKAN KELAYAKAN BANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KOTA KEDIRI YANG DIGUNAKAN UNTUK AKTIFITAS,” vol. 2, no. 2, pp. 108–116, 2019.

S. Sukirman, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova, 1994.

Anonim, Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta, 1997.

Anonim, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. 2014.

F. D. Hobbs, Perencanaan dan Teknik lalu Lintas. Jogjakarta: Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, 1995.

A. Munawar, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Jogjakarta: Beta Offset, 2004.

I. Abubakar et al., “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir.” Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta, 1998.

Anonim, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.511

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EMAIL : jurmateks@unik-kediri.ac.id


 

Lisensi Creative Commons
JURMATEKS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.