STUDI ANALISA DAMPAK LALU LINTAS DIKAWASAN PEMBANGUNAN GEDUNG OLAH RAGA KABUPATEN TRENGGALEK

Ela Mahudi(1*), Yosef Cahyo Setianto Poernomo(2), Ahmad Ridwan(3),

(1) Universitas Kadiri
(2) Universitas Kadiri
(3) Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Zona aktifitas sebagai zona penarik. Pembangunan Gedung Olah Raga akan menimbulkan peningkatan volume lalu lintas.Penelitian bertujuan mengetahui Lalu-Lintas Harian Rata-Rata, memprediksi besar derajat kejenuhan pada ruas dan persimpangan sekitar pembangunan pada jam puncak tahun 2024 atau setelah 5 tahun studi tersebut dilaksanakan. Metode pengumpulan data, metode pemodelan transportasi serta pendekatan mikro analisis kinerja sistem transportasi. Hasil survey Lalu-Lintas Harian Rata-Rata (LHR) yaitu 0,50 dengan tingkat pelayanan C. Pada prediksi 2024 tanpa pengembangan kawasan nilai derajat kejenuhan yaitu 0,70 dengan tingkat pelayanan C. Pada tahun 2024 dengan pengembangan peningkatan arus lalu lintas. Hal ini terjadi karena berdasarkan analisa diperoleh bangkitan sebesar 71 smp/jam dan tarikan sebesar 129 smp/jam. Lalu-Lintas Harian Rata-Rata (LHR) dan Kinerja ruas jalan dan persimpangan sekitar Gedung Olah Raga tahun 2024 masih normal berdasarkan nilai derajat kejenuhan 0,70 dan tingkat pelayanan C. Saran dan rekomendasi perlu pengaturan sirkulasi kendaraan dan pemasangan warning light disekitar Gedung Olah Raga.

Keywords


movement; degree of saturation; prediction in 2024; performance of roads

Full Text:

PDF

References


S. Sukirman, “Perkerasan lentur jalan raya,” Nova, Bandung, vol. 2, 1999.

A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri,” Pros. Semnastek, 2017.

D. A. Limantara, Y. Cahyo, and S. W. Mudjanarko, “Pemodelan Sistem Pelacakan LOT Parkir Kosong Berbasis Sensor Ultrasonic Dan Internet Of Things ( IOT ) Pada Lahan Parkir Diluar Jalan,” Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2017.

Romadhon and M. Zaenuri, “PERENCANAAN SISTEM DRAINASE DAN TROTOAR (STUDY KASUS : LINGKUNGAN KELURAHAN BANJARAN KOTA KEDIRI),” pp. 74–81.

A. I. Candra, “STUDI KASUS STABILITAS STRUKTUR TANAH LEMPUNG PADA JALAN TOTOK KEROT KEDIRI MENGGUNAKAN LIMBAH KERTAS,” UKaRsT, vol. 2, no. 2, p. 11, 2018.

D. P. Umum, “Buku III Spesifikasi Umum Bidang Jalan dan Jembatan.” Jakarta, 2007.

E. Gardjito, “STUDY PERENCANAAN GEOMETRIK, PERKERASAN JALAN DAN PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA PADA JALAN RAYA KALIDAWIR–Ds. NGUBALAN Kec. KALIDAWIR,” UKaRsT, vol. 1, no. 2, p. 11, 2017.

P. R. Nahak, Y. Cahyo, and S. Winarto, “STUDI PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KONSTRUKSI JALAN RAYA (MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA) PADA RUAS JALAN UMASUKAER DI KABUPATEN MALAKA,” J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, vol. 2, no. 1, 2019.

K. P. Umum and D. J. B. Marga, “Manual Desain Perkerasan Jalan,” Nomor 02/M/BM/2013, 2013.

O. Z. Tamin, Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.512

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EMAIL : jurmateks@unik-kediri.ac.id


 

Lisensi Creative Commons
JURMATEKS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.