Perbaikan Kualitas Pada Proses Produksi Kabel Type NYA dengan Metode Quality Control Circle (QCC) Pada Perusahaan Manufaktur Kabel di Banyumas

Aulia Annai Nashida(1*), Yudi Syahrullah(2),

(1) Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract


Cable Manufacturer Company (PT. XYZ) is one of electronic companies which produce frequency cable, low voltage, audio video, and power cable. The production of cable certainly needs good quality control in order to become a superior competitor thus increasing the customer loyalty. The aim of this research is to control the quality of NYA cable by using the method of Quality Control Circle (QCC). The QQC method is a method which controls the quality of structured product, consists of 8 steps to make continuous improvements. At the step of searching for the defect type, it uses seven tools, namely the Pareto diagram. The highest defect type on 1,5 mm2 NYA cable caused by lumps and illegible printings. Then, target is determined based on the reject ratio data of 1,5 mm2 NYA cable which is equal to 0,50%. The target achievement could be done by knowing cause and effect of defect cable using fishbone diagram and lFailure lMode lEffect lAnalysis (FMEA). The QCC implementation result in PT. XYZ is product quality improvement due to illegible defect printing caused by human and machine factors so that becomes a main priority to be repaired.

 

Perusahaan Manufaktur Kabel (PT. XYZ) adalah salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi kabel frekuensi, low voltage, audio video, dan kabel power. Produksi kabel tentunya membutuhkan pengendalian kualitas yang baik agar dapat menjadi kompetitor yang unggul sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengendalian kualitas kabel NYA dengan menggunakan metode Quality lControl lCircle (QCC). Metode QCC merupakan metode lpengendalian lkualitas produk yang terstruktur, terdiri dari 8 langkah untuk melakukan perbaikan yang berkesinambungan. Pada tahap pencarian jenis defect,  menggunakan alat bantu seven tools yaitu diagram pareto. Jenis defect tertinggi pada kabel NYA 1,5 mm2 disebabkan karena adanya gembung dan printing tidak terbaca. Kemudian target ditentukan berdasarkan data reject ratio kabel NYA 1,5 mm2 yaitu sebesar 0,50%. Pencapaian target dapat dilakukan dengan mengetahui sebab akibat defect kabel menggunakan diagram fishbone dan Failure Mode lEffect lAnalysis (FMEA). Hasil implementasi QCC di PT. XYZ adalah perbaikan kualitas produk akibat defect printing tidak terbaca disebabkan oleh faktor manusia dan mesin sehingga menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. 


Keywords


Defect; Seven Tools; Quality Control Circle; FMEA

Full Text:

pdf

References


D. A. Kifta, “Analisis Defect Rate Pengelasan Dan Penanggulangannya Dengan Metode Six Sigma Dan Fmea Di Pt. Profab Indonesia,” J. Dimens., vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.33373/dms.v7i1.1676.

N. Kadek and R. Sari, “ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI PIE SUSU PADA PERUSAHAAN PIE SUSU BARONG DI KOTA DENPASAR Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Persaingan di dalam industri baik jasa maupun manufaktur tidak hanya dala,” vol. 7, no. 3, pp. 1566–1594, 2018.

A. Y. Nasution, S. Yulianto, and N. Ikhsan, “Implementasi Metode Quality Control Circle untuk Peningkatan Kapasitas Produksi Propeller Shaft di PT XYZ,” J. Mesin Teknol., vol. 12, no. 1, pp. 33–39, 2018, [Online]. Available: sintek: JURNAL MESIN TEKHomepage: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek.

S. Kamal and Sugiyono, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kantong Semen menggunakan Metode Seven Tolls (7QC) pada PT. Holcim Indonesia, Tbk,” Indik. J. Ilm. Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 122–131, 2019, [Online]. Available: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/5172.

Russell and Taylor, Operations Managements, 7th ed. Danvers: Jhon Wiley and Sons, 2011.

V. Gaspersz, Manajemen Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.

S. dan I. Reksohadiprodjo, Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE, 2009.

M. Fauzan, “ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI DEFECT PRODUK PADA KABEL FIBER OPTIK AERIAL G . 652D STEL K - 017 DENGAN METODE DMAIC ( DEFINE MEASURE ANALYZE IMPROVEMENT CONTROL ) DI PT . SUPREME CABLE Disusun Oleh :,” 2018.

T. H. Handoko, Dasar-dasar Operasi, Manajemen Produksi danTitle. Yogyakarta: BPFE, 2005.

K. Ishikawa, How to Operate QC Circle Activities, Edited by. Tokyo: JUSE, 2005.

S. Riadi and Haryadi, “Pengendalian Jumlah Cacat Produk Pada Proses Cutting Dengan Metode Quality Control Circle (Qcc) Pada PT. Toyota Boshoku Indonesia (Tbina),” J. Ind. Manuf., vol. 5, no. 1, p. 57, 2020, doi: 10.31000/jim.v5i1.2433.

V. Gasperz, Lean Six Sima for Manufacturing and Service Industries. Bogor: Vinchiristo Publication, 2011.

L. D. Wicaksono and Y. Syahrullah, “Perbaikan Kualitas Produk Pengecoran Logam Dengan Menggunakan Metode Quality Control Circle (Qcc),” Heuristic, vol. 17, no. 1, pp. 29–42, 2020, doi: 10.30996/he.v17i1.3569.

V. M. Magar and V. B. Shinde, “Application of 7 Quality Control ( 7 QC ) Tools for Continuous Improvement of Manufacturing Processes,” Int. J. Eng. Res. Gen. Sci., vol. 2, no. 4, pp. 364–371, 2014.

M. R. and Izza and Y. Syahrullah, “ANALISIS DEFECT PROSES PRODUKSI PALEKAT CR3082 PADA MESIN RAPIER DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE,” 2020.

R. G. K. M. Permana and T. H. Simanjuntak, “Analisa Pengendalian Kualitas Pada Proses Final Inspeksi Dengan Menggunakan Metode Seven Tools Di Pt Nissan Motor Indonesia,” STT Wastukancana, pp. 25–34, 2014.

A. D. Istikarah, “ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DISC BRAKE ROTOR DI PT. BMC,” 2016.

M. Basori and S. Supriyadi, “Analisis Pengendalian Kualitas Cetakan Packaging Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA),” Pros. Semin. Nas. Ris. Ter. SENASSET, pp. 158–163, 2017, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/view/442.

H. Hargo, “Implementasi Metode Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Tali Rafia Hitam Dengan Menggunakan Metode Statistik Di Ud Kartika Plastik Jombang,” vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2013.

T. Widianti, “AMTeQ 2015 Annual Meeting on Testing and Quality,” no. October 2015, 2016.

R. Hidayat, I. P. Tama, and R. Y. Efranto, “Penerapan Lean Manufacturing Dengan Metode VSM Dan FMEA Untuk Mengurangi Waste Pada Produk Plywood (Studi Kasus Dept. Produksi PT Kutai Timber Indonesia),” J. Univ. Brawijaya, vol. 5, no. 2, pp. 1032–1043, 2014.

D. Y. Suryana, Vinolia, and A. Ibrahim, “Evaluasi Celah Keamanan Sistem Webserver Dengan Metode Failure Mode And Effects Analysis,” Pros. Annu. Res. Semin., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jurmatis.v3i2.1792

DOI (pdf): http://dx.doi.org/10.30737/jurmatis.v3i2.1792.g1660

Article Metrics

Abstract view : 396 times
pdf - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURMATIS : Jurnal Manajemen Teknologi dan Teknik Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.