PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TK. IV 05.07.02 KEDIRI

Is Prihatiningsih(1*),

(1) FISIP Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Seluruh organ tubuh manusia dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari
tanpa adanya keluhan yang berarti kesehatan harus senantiasa dijaga dan diperhatikan oleh setiap individu. Bentuk kesadaran masyarakat terhadap kesehatan yang terus meningkat dari hari ke hari, menuntut institusi dan insan kesehatan untuk mengimbanginya melalui cara peningkatan sarana prasarana, pelayanan kesehatan baik fisik maupun non fisik, peningkatan kualitas sumber daya tenaga medis dan paramedis. Sejalan dengan keinginan dan tuntutan masyarakat tersebut, rumah sakit memiliki peran yang sangat strategic dalam
upaya, mempecepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Paradigma baru pelayanan kesehatan mensyaratkan rumah sakit memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien dengan tetap berpedoman pada kode etik profesi dan medis. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Tingkat IV 05.07.02 Kediri dengan pendekatan kuanititatif, dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pelayanan dan kepuasan pelayanan, digunakan analisis Korelasi Product Moment, dengan tingkat kesalahan 5 %, Ada pengaruh yang positip antara Kualitas Pelayanan yang berpedoman pada akuntabilitas, citra positif, pengendalian terhadap Kepuasan Pasien Pegawai atas dasar Hubungan, Kenyamanan dan Keterjangkauan di Rumah Sakit IV 05.07.02 Kediri.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v1i1.180

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Mediasosian licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.