PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TK. IV 05.07.02 KEDIRI

Is Prihatiningsih(1*),

(1) FISIP Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Seluruh organ tubuh manusia dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari
tanpa adanya keluhan yang berarti kesehatan harus senantiasa dijaga dan diperhatikan oleh setiap individu. Bentuk kesadaran masyarakat terhadap kesehatan yang terus meningkat dari hari ke hari, menuntut institusi dan insan kesehatan untuk mengimbanginya melalui cara peningkatan sarana prasarana, pelayanan kesehatan baik fisik maupun non fisik, peningkatan kualitas sumber daya tenaga medis dan paramedis. Sejalan dengan keinginan dan tuntutan masyarakat tersebut, rumah sakit memiliki peran yang sangat strategic dalam
upaya, mempecepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Paradigma baru pelayanan kesehatan mensyaratkan rumah sakit memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien dengan tetap berpedoman pada kode etik profesi dan medis. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Tingkat IV 05.07.02 Kediri dengan pendekatan kuanititatif, dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pelayanan dan kepuasan pelayanan, digunakan analisis Korelasi Product Moment, dengan tingkat kesalahan 5 %, Ada pengaruh yang positip antara Kualitas Pelayanan yang berpedoman pada akuntabilitas, citra positif, pengendalian terhadap Kepuasan Pasien Pegawai atas dasar Hubungan, Kenyamanan dan Keterjangkauan di Rumah Sakit IV 05.07.02 Kediri.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL MEDIASOSIAN is still in preparation to be indexed in:
""

Copyright of JURNAL MEDIASOSIAN (Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara) ISSN 2579-342X (print), ISSN 2620-5149 (online)

Gedung B UNIVERSITAS KADIRI, FISIP

Jl. Selomangleng No.1 Mojoroto, Kota Kediri, 64115,

Phone: 62354 771 649

Email: mediansosian@unik-kediri.ac.id