STRATEGI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) UNTUK MENCAPAI PROGRAM KERJA ORGANISASI DI UNIVERSITAS KADIRI
DOI:
https://doi.org/10.30737/mediasosian.v4i1.818Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis Organisasi Kemahasiswaan (BEM) dalam menyelesaikan masalah dalam rangka mewujudkan program kerja organisasi di Universitas Kadiri. Mendeskripsikan dan menganalisis faktor kendala dalam mewujudkan program organisasi. Mendasarkan pada karakter masalah maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik penentuan informan yaitu teknik purposive, dan 10 informan, Pengumpulan data dengan pendekatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Agar data yang dikumpulkan teruji keabsahannya maka digunakan triangulasi data yaitu cek dan recek kemudian dikontrol dengan uji keabsahan data. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis Interaktif dari Milles dan Huberman. Hasil penelitiannya sebagai berikut : Pertama Mahasiswa dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan program kerja adalah dengan pendekatan kerjasama dari pada pendekatan perlawanan. Kedua, Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program kerja adalah perbedaan kepentingan, padatnya perkuliahan dan sarana prasarana serta keterbatasan anggaran. Ketiga. Adapun kesimpulan yang diperoleh adalah Badan Eksekutif Mahasiswa dalam melaksanakan program kerja tergantung pada kondisi keuangan atau anggaran lembaga. Banyak persyarataan yang harus dipenuhi apabila BEM mencari sposor atau sumber biaya lain. Â
Â
Kata Kunci: Kerjasama; Program Kerja; BEM
References
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana
Flick, U. 2013. The SAGE handbook of qualitative data analysis. Sage.
Gunawan, Ary.H. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155/U/1998. Tentang Organisasi Mahasiswa.
Kozicki, S. 2005. The creative negotiator. Tata McGraw-Hill Education.
Marwanto, I. H. 2018. Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas. Mediasosian, Vol. 2(2), hal. 32-41.
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mujiarto, M., Susanto, D., & Bramantyo, R. Y. 2019. Strategi Pelayanan Kesehatan Untuk Kepuasan Pasien Di UPT Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1).
Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. UI-Press.
Tan, J. S., & Lim, E. N. K. 2004. Strategies for Effective Cross-cultural Negotiation: The FRAME Approach. McGraw Hill New York.
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
Wulansari, Dewi. 2009. Sosiologi: Konsep Dan Teori. Bandung: PT Refika Aditama
Yanuarita, H. A., Hariyanto, & Hanum, F. 2019. Pengaruh Pemberdayaan Dan Pembinaan Terkemuka Terhadap Kerja Karyawan Di Satuan Sabhara Polres Batu. Mediasosian, 3(1), hal. 1-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.