PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Authors

  • Evi Husniati Sya'idah Universitas Kadiri
  • Tontowi Jauhari Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.99

Keywords:

marketing mix, loyalitas pelanggan

Abstract

This study is aimed at knowing the influence of marketing mix towards customers’ loyalty. Accordingly, method used in this study is descriptive quantitative. The population of this study is the customers of bubur ayam mezem in Kediri. Moreover, the sample used in this study is 100 customers. In accordance with statistical analysis, the result of this study is as follow: (1) marketing mix that consists of product, price, and place has simultaneously a positive influence towards customers’ loyalty; (2) promotion has a negative influence towards customers’ loyalty. Thus, it can be inferred that if product, price, and place are increasing, the customers’ loyalty will be increasing as well. On the contrary, if promotion is increasing, the customers’ loyalty will be decreasing.

 

Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan bubur ayam mezem di Kediri dengan sampel sebanyak 100 orang pelanggan. Dari penelitian ini diperoleh hasil: (1) produk, harga dan tempat secara bersama-sama memiliki pengaruh positif; (2) promosi memiliki pengaruh negatif terhadap loyalitas pelanggan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa jika produk, harga dan tempat dinaikkan maka loyalitas pelanggan juga ikut naik, tetapi jika promosi naik maka loyalitas pelanggan turun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeel, Muhammad. 2014.What are the disadvantages of sales promotion . sumber: https:// www.bayt.com/en/specialties/q/140830/what-are-the-disadnatages-of-sales-promotion/ diakses tanggal 10 Desember 2017.

Kokomuler,Neil. 2017. Advantages & Disadvantages of Sales Promotion. Sumber: https://bizfluent.com/list-6673344-advantages-disadvantages-sales-promotion.html. diakses tanggal 10 Desember 2017

Kotler, P dan G. Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, P dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta.

Lodh. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.

Manap,Abdul.2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media. Jakarta

Nurullaili dan Wijayanto Andi (2013). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen Tupperware. Jurnal administrasi Bisnis, Volume 2, Nomor 1

Oktaviani,dkk.(2014).Pengaruh Bauran Pemasaran dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Jus Buah Segar Bandar Lampung. JIIA Vol.2, No.2

Ruhamak, M. D. (2017). Pengaruh marketing Mix dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Mengikuti kursus di LPK Progress Pare. Akuntabilitas, 9(2), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/akuntabilitas.v9i2.208

Sawitri Dyah,dkk.(2016). Pengaruh Marketing mix terhadap loyalitas konsumen dengan variable intervening kepuasan pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia vol.4,no.1

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Tjiptono,dkk. 2012. Pemasaran Strategik. ANDI. Jogyakarta

Waskita,indra alif.2016. Pengaruh Citra, Merk, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Konsumen.Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. ISSN:2461-0593

Downloads

PlumX Metrics

Published

2018-04-05

How to Cite

Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2018). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.99

Issue

Section

Articles