STANDAR KUALITAS PELAYANAN DIKELURAHAN DERMO KOTA KEDIRI

Authors

  • Sadsani Rihastuti Program Studi Magister Administrasi Publik

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i3.5352

Keywords:

Implementasi, pelayanan publik, pelayanan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Walikota Kediri nomor 35 Tahun 2021 di Kantor Kelurahan Dermo KOta Kediri serta faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi peraturan Walikota Kediri tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dimana tujuannya untuk menganalisis dan mendiskripsikan implementasi dari kebijakan Peraturan Walikota Kediri nomor 35 tahun 2021 tentang standar pelayanan di Kecamatan dan Kelurahan serta mengetahui pendukung dan kendala dalam implementasi tersebut. Metode yang digunakan bisa dipergunakan untuk memecahkan masalah yang sudah ditentukan secara menyeluruh dan mengukur dan menarik sebuah Kesimpulan sesuai dengan kondisi diterjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah di analisis menggunakan metode imlementasi Goeorge C. Edward, implementasi Peraturan Walikota Kediri nomor 35 tahun 2021 di Kantor Kelurahan Dermo dalam pelaksanaannya terdapat dua variable yang belum maksimal dan dua variable yang sudah sesuai. Selain itu juga masih terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat implmentasinya. Oleh sebab itu peneliti mengajukan beberapa saran agar Kepala Kelurahan Dermo mengajukan permohonan kepada pihak terkait untuk memberikan sosialisasi implementasi Peraturan Walikota Kediri nomor 35 tahun 2021 serta mengoptimalkan faktor internal terutama faktor komunikasi dan juga selalu menjaga kekompakan dalam melaksanakan kebijakan tersebut

References

Milles Matthew B, A. Michael Huberman, Jonny Saldana. 2016. Qualitative Data Analysis: a methods sourcebook, Third Edition. Sage Pyblications, Inc.

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi kependudukan Secara Daring.

Peraturan Walikota Kediri Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Pada Kecamatan dan Kelurahan.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

PlumX Metrics

Published

2024-08-30