IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TABUNGAN SIMPEDA PADA PT. BANK JATIM CABANG NGANJUK

Authors

  • M. Daimul Abror Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri
  • Dhelyar Probosari Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i2.5339

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Konsumen, SIMPEDA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan tabungan Simpeda serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada implementasi kebijakan tabungan Simpeda pada PT. Bank Jatim Cabang Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini berorientasi pada implementasi kebijakan tabungan Simpeda dengan menggunakan teori implementasi George C. Edward III. Informan penelitian ini adalah bagian layanan, bagian teller, dan nasabah. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara yang kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman.Temuan yang diperoleh adalah implementasi kebijakan tabungan Simpeda PT. Bank Jatim Cabang Nganjuk yang meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi telah dilaksanakan dengan baik dan telah memenuhi asas-asas pelayanan yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, serta keseimbangan hak dan kewajiban. Faktor pendukungnya adalah terdapat sosialisasi, evaluasi, pemberitahuan melalui WAG, bantuan penyelia, sistem informasi yang up to date serta SOP yang jelas sesuai dengan wewenangnya. Faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang tidak stabil dan kurangnya kesadaran nasabah untuk memanfaatkan buku tabungan Simpedanya.

References

Akhmad, N. (2022). Lewat Digitalisasi dan Sinergi, Bank Jatim Siap Jadi BPD Nomer 1 Tahun Ini.

Bandan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Bank dan Kantor Unit.

Endasari, E. (2021). Implementasi Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan di Provinsi Sumatera Selatan. Junaidi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Informasi, 1 (2).

Hamdi, M. (2014). Kebijakan Publik: Proses, Analisis, dan Partisipasi. Ghalia Indonesia.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Raja Grafindo Persada.

Millah, Hayatul, dan Hasanah, U. (2021). Implementasi Nisbah Bagi Hasil Produk Tabungan Mabrur Melalui Akad Mudharabah Mutlaqah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KC Lumajang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1).

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Natika, L., dan Ambarwati, D. (2020). Pengelolaan Produk Tabungan Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Kantor Cabang Pembantu Pamanukan Kabupaten Subang. World Financial Administration Journal, 2 (1).

Natika, L., dan Ambarwati, D. (2020). Pengelolaan Produk Tabungan Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Kantor Cabang Pembantu Pamanukan Kabupaten Subang. World Financial Administration Journal, 2 (1).

PlumX Metrics

Published

2024-05-28

Issue

Section

Articles