UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN EL-FAWS MELALUI INTEGRASI MATEMATIKA DAN AL-QUR’AN PADA ERA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3407Keywords:
Covid-19, upaya peningkatan, minat belajar, sosialisasiAbstract
Dunia dihebohkan dengan tersebarnya pandemi Covid-19 yang menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini berdampak besar ke berbagai dimensi kehidupan.Bukan hanya aspek kesehatan namun juga masuk ke sendi kehidupan pendidikan dan lembaga keagamaan di tengah masyarakat. Imbasnya sangat dirasakan banyak kalangan salah satunya pondok pesantren. Pondok pesantren yang merupakan pendidikan tradisional karena mempunyai kekhasan tersendiri dalam sistem pendidikannya. Harus bisa mengatur dan mengelola dengan baik lembaganya, sebagai upaya pemeliharaan pesantren agar tetap survive di tengah masa pandemi. Pondok pesantren El-Fawz Pagu Kabupaten Kediri memiliki misi kedepan untuk ikut serta membangun generasi muda Islam yang memegang teguh Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, termasuk pentingnya Sains dan Matematika dalam Islam dapat terlihat jelas dari fakta bahwa ilmu matematika digunakan dalam amalan-amalan dalam Islam. Di mana pesantren ini mencetak generasi hafidz hafidzah. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Teknik Universitas Kadiri telah berhasil memberikan wawasan dan pemahaman yang baik mengenai Integrasi Matematika dan Al-Qur’an,praktik pembuktian pentingnya Integrasi matematika dalam Al-Qur’an,serta berbagai contoh hitungan dalam Al Qur’an. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini para santri termotivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, dan tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke bidang sains dan teknologi maupun teknik.Â
References
Abdussakir,&Rosimanidar. “MODEL INTEGRASI MATEMTIKA DAN AL-QUR’AN SERTA PRAKTIK PEMBELAJARANNYA.â€Semina Nasional Integrasi Matematika Di dalam Al-Qur’an, 1-16.Retrieved from http://repository .uin-malang.ac.id/1934/2/1934.pdf, 2017.
Al Qur’an dan Terjemahannya; Departemen Agama Republik Indonesia. 1995
Arifin Mufti, Matematika Alam Semesta.Kiblat Buku Utama: Bandung, 2004.
--------, Matematika Alam Semesta Kodetifikasi Bilangan Prima dalam Al Qur’an, Kiblat Buku: Utama Bandung, 2004.
Aulia. Pengelolaan Lingkungan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok NTB).Indonesia. Journal Of Multidisciplinary Islamic Studies,1(2)
Danial Zainal Abidin. Al Qur’an For Life Excellence,Hikmah, 2008.
Darda, A. “INTEGRASI ILMU DAN AGAMA: PERKEMBANGAN KONSEPTUAL DI INDONESIAâ€. At-Ta’dib, 2015.
Digital Software, Ensiklopedi Hadist; Terjemah 9 Kitab Hadist. Lidwa Pusaka. 2010.
Fahmi Amhar, TSQ Stories. Al Azhar: Mesir, 2010.
Harun Yahya, Keajaiban Al Qur’an, Arkan, 2008.
Herliandry, (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan,22 (1).
Maktabah Tsamilah; digital Al QUR’AN DAN Hadist.2010.
Mulyadhi Kartanegara, Ayat Ayat Semesta Sisi Sisi Al Qur’an Yang Terlupakan,Mizan:Jakarta,2008.
Sari, N. I., Sari, N., S., &Rizki, S. “MATEMATIKA DAN AL-QUR’AN UNTUK MEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER ISLAMIâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Membangun Generasi Berpendidikan dan Religius Menuju Indonesia Berkemajuan, 334-338, 2017.
Syaiful,(2020).Pondok Pesantren Safinda IV Bangkalan di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2).
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Titin Widya Risni, Hendy Hendy, Sigit Winarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).