Gambaran Karakteristik Pasien Lansia dengan Hipertensi di Salah Satu Rumah Sakit Kota Bengkulu Tahun 2023

Characteristics Overview of Elderly Patients with Hypertension in One of The Hospitals In Bengkulu City In 2023

Authors

  • Anis Akhwan Dhafin Universitas Kadiri
  • Elsa Mahardika Putri Universitas Kadiri
  • Okky Intan Mawarni Universitas Kadiri
  • Leny Witaning Kusumawati Universitas Kadiri

Abstract

Populasi pada lansia tiap tahunnya meningkat, lansia merupakan kelompok yang memiliki rentan terhadap penyakit. Penyakit yang paling banyak dialami lansia salah satunya hipertensi. Hipertensi ialah peningkatan tekanan darah sistolik >140 mmHg atau tekanan diastolik >90 mmHg. Penyakit Hipertensi merupakan suatu penyakit yang perlu dikhawatirkan, karena tidak ditemukan adanya tanda dan gejala khusus pada penyakit tersebut, hal ini menyebabkan hipertensi sebagai Silent Killer. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran karakteristik pasien lansia dengan hipertensi di salah satu rumah sakit kota bengkulu tahun 2023. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan mengambil data sekunder yaitu rekam medis, dan menggunakan perhitungan sampel yaitu total sampling. Hasil: Ditemukan 74 pasien lansia dengan hipertensi yang melakukan pengobatan disalah satu rumah sakit kota bengkulu, mayoritas paling banyak ada di kelompok usia 60-69 tahun dengan jenis kelamin perempuan dan mengalami hipertensi tingkat 2 terbanyak. Sebanyak 65 pasien memiliki penyakit penyerta yang di alami oleh pasien lansia hipertensi ini.

References

BPS. 2020. Statistik Penduduk Lanjut Usia. In Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik.

Kemenkes, R. 2017. Analisis Lansia di Indonesia. Pusat Data dan Informasi. In Kementerian Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan RI.

Mubarak WI, Indrawati L, Susanto J. 2015. Buku Ajar Ilmu Keperawatan dasar. Jakarta: Salemba Medika

PlumX Metrics

Published

2024-06-30

How to Cite

Dhafin, A. A., Putri, E. M., Mawarni , O. I., & Kusumawati, L. W. (2024). Gambaran Karakteristik Pasien Lansia dengan Hipertensi di Salah Satu Rumah Sakit Kota Bengkulu Tahun 2023 : Characteristics Overview of Elderly Patients with Hypertension in One of The Hospitals In Bengkulu City In 2023 . Jurnal Inovasi Farmasi Indonesia (JAFI), 5(2), 80–86. Retrieved from https://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jalapa/article/view/5620