PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOSERBA BOROBUDUR KEDIRI (STUDI KASUS PRODUK KECANTIKAN WARDAH)
DOI:
https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.308Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen, (2) bagaimana pengaruh potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen dan (3) bagaimana pengaruh secara simultan antara promosi penjualan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen wardah di Toserba Borobudur Kediri. Penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling (roscoe) sehingga diperoleh sampel 60 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Analisis uji Regresi linier berganda, Uji t dan uji F. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 17.117+ 0,040X1 + 0,254X2+e. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Tidak terrdapat pengaruh signifikan antara promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi penjualan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci : promosi penjualan, potongan harga, keputusan pembelian konsumen.
References
Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian, Edisi Revisi V, Rineka Cipta, Jakarta.
________________, 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Didar Adinda, 2013. Pengaruh Promosi dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Butik Fourgirls Medan, Universitas Sumatera Utara. Skripsi.
Djaalii. 2008. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Doni Hariadi, 2012, Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projektor Mikrovision, Vol. 1 No. 8.
Engel, James. F, Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard. 2011. Prilaku Konsumen. Jakarta. Binarupa Aksara.
Faridha Anggraeni, 2016, Pengaruh Promosi, Diskon dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Hypermarket Ptc Surabaya, Volume 5, Nomor 7.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.(Trans: Application) of Multivariate Analysis using SPSS). Badan Penerbit UNDIP,ISBN 979.704.300.2. Semarang.
Indriyanto & Supomo, Bambang. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.
Ismaya, Sujana, 2006, Kamus Manajemen, Cetakan Pertama, Bandung : Pustaka Grafika.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing, Edisi Keempatbelas, Pearson Education, New Jersey.
______, dan Keller. 2009. Manajeman Pemasaran. Edisi Ketigabelas Jilid 2.Erlangga. Jakarta.
__________________. 2007. Manajemen pemasaran .Edisi 12. Benyamin Molan (penerjemah). Marketing Management. PT. Indeks. Jakarta.
Mamang Sangadji, Etta dan Sopiah, 2010. Metodologi Penelitian, Penerbit Andi, Yogyakarta
Pangastuti, R. L. (2018). The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBCâ€). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2), 198. https://doi.org/10.30737/ekonika.v2i2.43
Putra, Y. P. (2014). Formulasi Strategi Bersaing Pada Universitas Kadiri Dalam Menghadapi Persaingan Antar Perguruan Tinggi Sejenis di Kota Kediri. Universitas Airlangga, Surabaya.
Rizky Y.S Emor dan Agus Supandi Soegoto, 2015, Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, Dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu, Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 738-748.
Sangadji, EM, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendeatan Praktis. Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian, Andi. Yogyakarta.
Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.
__________________. 2010. Perilaku Konsumen. Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT Indeks.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press, Malang.
Simamora, Henry. 2010. Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid II, Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono,. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Alfabeta. Bandung.
________, 2008. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
________. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
________,. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Alfabeta. Bandung.
________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendeatan Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Swastha, Basu 2009. Manajemen Penjualan, Edisi Ketiga, BPFE, Yogyakarta.
___________, dan Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Liberty: Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.
____________, 2008. Strategi Pemasan, Edisi 3. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Zaltman, Gerald, dan Wallendorf, Melanie.1976. Consumer Behavior, Second Edition, Englewood Cliffs, New Jersey.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jimek : Jurnal Ilmiah mahsiswa Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.