Pengaruh Atribut Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger (Studi Kasus Pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.30737/jimek.v2i2.601Abstract
This study aims to analyze and determine the effect of product attributes and word of mouth on the purchase decision of the Eiger product case study on Nature Lovers Student of Kediri City. The purpose of the research: (1) The effect of product attributes on Eiger product purchase decision case studies on Nature Lovers Student of Kediri City. (2) The influence of word of mouth on the Eiger product purchase decision case study on Nature Lovers Student of Kediri City. (3) To find out the significant influence simultaneously between product attributes and word of mouth on the purchase decision of the Eiger product case study on Nature Lovers Student of Kediri City. The analysis used is descriptive analysis, with multiple linear regression analysis and hypothesis testing. From the results of testing with regression conducted to the product attribute variables (X1) and WoM (X2) partially significant positive effect on Purchasing Decisions (Y) it can be concluded that Product Attributes and WoM on Purchase Decisions have a significant and positive partial effect on product purchase decisions Eiger case study on Nature Lovers Student at Kediri City.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh atribut produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. Tujuan dilakukannya penelitian: (1) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. (2) Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian produk eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara simultan antara atribut produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. Analisis yang digunakan ialah analisa deskriptif, dengan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian dengan regresi yang dilakukan terhadap variabel atribut produk (X1) dan WoM (X2) berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) dapat disimpulkan bahwa Atribut Produk dan WoM terhadap Keputusan Pembelian berpengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri.
References
Destari, N., & Kasih, Y. (2013). Analisis Pengaruh Atribut Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tas Eiger Di Kota Palembang, 1–9.
Diana, G. R. (2017). Pengaruh Atribut Produk , Harga , Citra Merek Dan Komunikasi Dari Mulut Ke Mulut ( Word of Mouth ) Terhadap Keputusan Pembelian, 1–19.
Emir Wibowo, M., Daryanto, A., & Amzul Rifin, dan. (2018). Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ) Marketing Strategy of Ready to Eat Sausage Product (Case Study: PT Primafood International), 13(1), 29–38.
Fahruddin, F. A., Fauzi, A., & Yulianto, E. (2015). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei pada Pengunjung Malang Plasa yang Membeli Smartphone Samsung Seri Galaxy ). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1), 35–42.
Huda, N., & Nurcahyati. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek.pdf. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 7(1), 22.
Kusumastuti, Y. (2013). PENGARUH WORD OF MOUTH ( WOM ) DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ( Studi Kasus : Konsumen Beras Organik “ Padi Mulya †di Sragen ) PENGARUH WORD OF MOUTH ( WOM ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ( Studi Kasus : Konsumen Beras Or. Universitas Sebelas Maret.
Mahendrayasa, A. C., Kumadjii, S., & Abdillah, Y. (2013). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “ IM3 †Angkatan 2011 / 2012 dan 2012 / 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1–7.
Ruhamak, M Dian, & Rahayu, B. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), 188–204. Retrieved from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/14/18
Ruhamak, Muhammad Dian, & Syai’dah, E. H. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 14. Retrieved from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/38
Saidani, B., & Ramadhan, R. D. (2013). Pengaruh iklan dan atribut produk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung seri galaxy (survei pada pelanggan itc roxy mas). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(1), 53–73.
Yunita, A., & Haryanto, J. O. (2012). Pengaruh Word of Mouth , Iklan dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen. Journal Manajemen Teknologi, 11(1), 75–95.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Jimek : Jurnal Ilmiah mahsiswa Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.