ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS REVITALISASI PASAR SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

Authors

  • Ari Styawan Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo SP Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Ahmad Ridwan Fakultas Teknik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v2i2.511

Keywords:

Traffic Impact, Pull, Awakening, Level Of Service (LOS), Parking

Abstract

Traffic Impact Analysis (Andalalin) is an analysis of the influence of land use development on the system movement of surrounding traffic flows. It studies the method described in the 1997 MKJI concludes: 1. The revitalization of Sumbergempol People's Market is expected to attract trips of 88.9 SMP / hour and generate trips of 60.6 SMP / hour. 2. The results of the study area. The condition of the road section prior to revitalization has a V / C ratio of 0.53 with a Service Level in C. b. Predictions in 2019 have a V / C ratio of 0.57. c. Prediction in 2024 has a V / C ratio of 0.61, the performance still in category C. 3 The impact of the service level of the road section based on PM  96th. 2015 is: - The flow is stable, but vehicle movement is controlled by higher traffic volumes with speeds of at least 60 km/hour. - Medium traffic density due to internal obstacles to increased traffic. - Drivers have limitations for speed, change lanes, and overtake. 4. The market developer must provide a motorcycle parking area with a minimum area of 144.3 m2 and 1203.13 m2 for cars.

Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) adalah analisis pengaruh perkembangan tata guna lahan terhadap sistem pergerakan arus lalu lintas disekitar, Dalam penelitian Andalalin ini metode yang dijelaskan dalam MKJI 1997 yangkesimpulannya: 1. Revitalisasi Pasar Rakyat Sumbergempol diperkirakan akan menarik perjalanan sebesar 88,9 smp/jam dan membangkitkan perjalanan sebesar 60,6 smp/jam. 2. Hasil penelitian adalah: a. Kondisi ruas jalan sebelum dilakukan Revitalisasi mempunyai V/C Ratio 0,53 yang Level Tingkat Pelayanan nya dalam kategori C. b. Prediksi pada tahun 2019 mempunyai V/C Ratio 0,57. c. Prediksi pada tahun 2024 mempunyai V/C Ratio 0,61, kinerja ruas jalan raya mengalami penurunan tapi Level Tingkat pelayanan masih dalam kategori C. 3 Dampak dari tingkat pelayanan ruas jalan berdasarkan PM No. 96 th. 2015 adalah: - Arus stabil, tetapi pergerakan kendaraan di kendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi dengan kecepatan sekurang-kurangnya 60 km/jam. – Kepadatan lalu lintas sedang karena hambatan internal lalu lintas meningkat. – Pengemudi memiliki keterbatasan untuk kecepatan, pindah jalur dan mendahului. 4. Pihak pengembang pasar harus menyediakan tempat parkir motor minimal luasan harus144,3 m2 dan untuk mobil minimal luasan harus 1203,13 m2.


References

A. D. Limantara, A. I. Candra, and S. W. Mudjanarko, “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri,†2017.

S. J. Legowo and D. Anggoro, “Studi Evaluasi Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( Spbu ) Manahan,†pp. 601–609, 2014.

A. I. Candra et al., “PENGECEKAN KELAYAKAN BANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KOTA KEDIRI YANG DIGUNAKAN UNTUK AKTIFITAS BELAJAR BELAJAR,†Ukarst J. Univ. Kadiri Ris. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 108–116, 2019.

E. H. Suntoyo, A. Ridwan, and S. Winarto, “Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Pengembangan Wisata Kampung Coklat,†J. Adm. Publik, 2019.

F. A. Lestari and Y. Apriyani, “ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PUSAT PERBELANJAAN DIKAWASAN PASAR PAGI PANGKALPINANG TERHADAP KINERJA RUAS JALAN,†J. Fropil, vol. 2, no. 1, pp. 32–44, 2014.

E. H. Sunyoto, A. Ridwan, and S. Winarto, “MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PENGEMBANGAN WISATA KAMPUNG COKLAT,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 29–38, 2019.

Anonim, “Peraturan Menteri 75 tahun 2015 tentang Penyelenggara Andalalin.†Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Jakarta, 2015.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. 2000.

R. Rahman, “Analisa Dampak Lalu Lintas (Studi Kasus: Studi Kemacetan di Jalan Ngagel Madya Surabaya),†SMARTek, vol. 8, no. 4, pp. 317–332, 2010.

A. Y. Nurkafi, S. Winarto, and A. I. Candra, “ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL JALAN SIMPANG BRANGGAHAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 164–178, 2019.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. ITB Bandung, 1997.

R. J. Salter, Highway Traffic Analysis and Design, Second Edi. London, 1989.

B. A. Harsono, S. Winarto, and Y. C. S, “PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN PACITAN-NGADIROJO,†Jurmateks, vol. 1, no. 2, pp. 291–302, 2018.

S. Sukirman, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova, 1994.

Anonim, Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta, 1997.

Anonim, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. 2014.

F. D. Hobbs, Perencanaan dan Teknik lalu Lintas. Jogjakarta: Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, 1995.

A. Munawar, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Jogjakarta: Beta Offset, 2004.

I. Abubakar et al., “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir.†Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta, 1998.

Anonim, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. 1996.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-06

Issue

Section

Articles