TRANSFORMASI PUBLIC SERVICE DELIVERY DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG

Authors

  • Muhammad Raafiq Namora Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
  • Iip Permana Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
  • Rahmadani Yusran Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
  • Hidayatul Fajri Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4531

Keywords:

Transformasi, Pelayanan Publik, Pencatatan Sipil, E-Government

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengkaji bagaimana proses serta dampak dari tansformasi penyampaian pelayanan publik yang terjadi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Tipe riset ini adalah riset Kualitatif. Studi ini memperoleh beberapa temuan yakni 1) Sasaran pada proses terjadinya perubahan layanan ini yaitu masyarakat Kota Padang yang memiliki keterbatasan waktu untuk langsung datang ke kantor yang dapat memakan waktu yang cukup lama dapat menghambat aktivitas pemohon kini dapat terbantu semenjak adanya transformasi layanan digital tersebut. Kehadiran layanan digital (Si Rancak) dapat dikatakan efektif terlihat sekali perbedaanya dari sisi konsultasi, standar layanan, akses, kesopanan, informasi, keterbukaan dan transparansi, ganti rugi, nilai untuk uang ; 2) perubahan mulai terlihat dan sudah banyak menikmati layanan digital ini. Mereka yang sudah mengetahuinya senang melihat efesiensi dan transparansi dari digital elektronik program (Si Rancak) ini. Namun pembiasaan harus terus berlajut dan dukungan di atas pemerintah Kota harus mendukung rencana transformasi layanan digital yang digagas pemerintah Kota Padang ini untuk menularkan layanan digital (Si Rancak) serupa lainnya di Indonesia.

References

Ananda Arif, M., Saleh, R., Delfiro, R., Fadel Afifi, R., Yendra, W., & Syamsir, S. (2022). Efektivitas Layanan Online Sapo Rancak Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Padang (Vol. 1, Issue 2).

Misna, A. (2015). Formulasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Di Desa Kandolo Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur. 3(2), 521–533.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nurhasana, A., & Frinaldi, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Sistem Aplikasi Otentikasi Penerima Pensiun PT. Taspen secara Digital dengan Menggunakan Smartphone di Kota Padang. Jurnal Mahasiwa Ilmu Administrasi Publik |Volume 2 | Nomor 3, 2(3), 16–25.

Pele, B. (1997). People First, White Paper On Transforming Public Service Delivery.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7. (2019). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring. Berita Negara Republik Indonesia No.152, 2019. Jakarta. www.peraturan.go.id

Permana, I., & Izzati, U. (2020). Inovasi Pelayanan Kesehatan Publik Berbasis E-Government ( Studi Kasus: Inovasi Ayo Ceting Di Puskesmas Andalas). JESS (Journal of Education on Social Science), 4(1).

Saputro, A. B., Adnan, M. F., & Alhadi, Z. (2017). Pelaksanaan Layanan E-Puskesmas Di Puskesmas Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Journal of Public Sector Innovations, Vol. 2, No. 1, 2(1).

Sari, E. P. (2022). Efektivitas Penggunaan Website Padang.Go.Id Dalam Memenuhi Layanan Informasi Publik Bagi Masyarakat Di Kota Padang.

Syamwil, Arita, S., Syofyan, R., & Rakib, M. (2021). Penerapan Aplikasi Boss-Tailor Dalam Peningkatan Literasi Digital Pada UMKM Jasa Jahit Di Kota Padang. EcoGen, 4(4).

Syarifuddin, M., & Agung, M. (2020). Transformasi Digital Persidangan Di Era New Normal. https://www.researchgate.net/publication/344890240

Trilaksono, B. A. (2020). Analisis Value For Money Dan Akuntabilitas Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Nur Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Lembaran Negara Republik Indonesia. No.232, 2013. Jakarta. www.djpp.kemenkumham.go.id

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25. (2009). Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112. Jakarta.

PlumX Metrics

Published

12-04-2023

How to Cite

Namora, M. R., Permana, I., Yusran, R., & Fajri, H. (2023). TRANSFORMASI PUBLIC SERVICE DELIVERY DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG . Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 7(1), 146–161. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4531

Issue

Section

Articles