PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA GEMILANG KABUPATEN PASAMAN BARAT DENGAN METODE BALANCED SCORECARD
DOI:
https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4534Keywords:
Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, PDAMAbstract
Penelitian ini dilakukan guna menilai kinerja PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan metode BSC yang dinilai lebih efektif daripada penilaian kinerja berdasarkan sistem tradisional yang lebih berpusat pada sisi finansial. Tetapi BSC ini fokusnya lebih menyeluruh antara segi finansial dan non finansial yang didasarkan kepada perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa kinerja PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Pasaman Barat dalam (1) perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang buruk karena PDAM Tirta Gemilang belum mampu menghasilkan laba bagi perusahaan sehingga belum bisa berkontribusi terhadap PAD, (2) perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang baik terhadap indikator kualitas air dan kemudahan dalam menyampaikan pengaduan. Sedangkan dua indikator lainnya, kontinuitas air dan kecepatan penanganan pengaduan memiliki capaian kinerja yang belum maksimal. (3) perspektif bisnis internal capaian kinerjanya juga baik, dimana sudah adanya inovasi yang tercipta dan adanya layanan purnal jual kepada pelanggan, dan (4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan capaian kinerja maksimal.
References
Akhmad Fauzi, & Rusdi Hidayat NA. (2020). Manajemen Kinerja. Airlangga University Press.
Burhan Bungin. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.
Fintari, I. H. (2018). PENGUKURAN KINERJA PDAM DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA BENGI KABUPATEN BENER MERIAH). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 3(2), 1.
Galib, M., Pada, S. P., Lasharan, S., Makassar, J., & Hidayat, M. (2018). ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT. BOSOWA PROPERTINDO. VOL. 2 NO. 1. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko
Haidiputri, T. A. N. (2019). Penggunaan Metode Balance Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo. JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 6(2), 14–23. https://doi.org/10.33096/jmb.v6i2.221
Kadek Yeni Purnami, N., Luh Nonik Pratiwi, N., Kadek Mey Sariliani, N., & Firdi Sjahril, R. (2019). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN BULELENG DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(1).
Kumala Puri, D., Hanafi, I., & Yudho Prasetyo, W. (2133). IMPLEMENTASI STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENDISTRIBUSIAN AIR (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). In JAP) (Vol. 3, Issue 12).
Pasamanbaratkab.go.id. (2021). PDAM Tirta Gemilang Pasbar Launching Aplikasi Perumdam. https://pasamanbaratkab.go.id/home/pdam-tirta-gemilang-pasbar-launching-aplikasi-perumdam-
Poppy Ruliana. (2014). Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. PT RajaGrafindo Persada.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2021-2026. (2021).
smartsumbar.com. (2021). PDAM Pasbar Director’s 100 Days Work Program, This is a Breakthrough Made. https://www.smartsumbar.com/2020/11/program-100-hari-kerja-direktur-pdam.html)
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta.
Tahaka, Y. C. (2013). PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT.BANK SULUT. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4, 402–413.
Thomas Sumarsan. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen, Edisi 2. PT Indeks.
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air. (n.d.).
Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.