PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA KESSING KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG
DOI:
https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i1.6401Keywords:
Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Pelayanan PublikAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan pada masyarakat di Kantor Desa Kessing, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng. Kinerja pegawai merupakan faktor kunci dalam menentukan keberhasilan organisasi pemerintahan dalam mencapai tujuan dan visi misinya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, melibatkan 50 responden masyarakat yang dipilih menggunakan teknik sampling insidental. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, korelasi Pearson, regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai berada dalam kategori baik dengan skor 2.094 dari skor ideal 2.500. Kualitas pelayanan juga dinilai sangat baik dengan skor 2.420. Analisis korelasi menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara kinerja pegawai dan kualitas pelayanan, dengan koefisien korelasi sebesar 0,547. Kontribusi kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan adalah 29,9%, sedangkan 70,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Penelitian ini memberikan implikasi penting bahwa peningkatan kinerja pegawai secara berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. Disarankan agar pemerintah desa terus memotivasi dan mengembangkan kapasitas pegawai untuk mencapai pelayanan yang optimal.
References
Agim, E. C., & Azolo, E. M. (2019). Digital literacy and job performance of 21st century library staff in Imo State. NAU Journal of Library and Information Science, 4, 15–26.
Aprilia, D., & Nirmalasari, L. (2024). Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Pemerintahan Desa Tagog Apu Padalarang Di Era Transformasi Digital. Inovasi Manajemen Bisnis, 6(3).
Armstrong, M., & Taylor, S. (2023). Armstrong’s handbook of human resource management practice: A guide to the theory and practice of people management. Kogan Page Publishers.
Denhardt, J. V, & Denhardt, R. B. (2015). The new public service: Serving, not steering. Routledge.
Dessler, G. (2020). Fundamentals of human resource management. Pearson.
Efendi, R. K. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Perangkat Desa di Kantor Desa se-Kecamatan Ampel. Business and Accounting Education Journal, 5(3), 295–311.
Habibullah, A. (2010). Kajian pemanfaatan dan pengembangan E-government. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Jember, 3(3), 187–195.
Ibrahim, L. T., Yunus, M., & Amri, A. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Kompensasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Dosen Tetap Serta Dampaknya Pada Mutu Pendidikan Universitas Abulyatama Aceh. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 2(1), 61–73.
Judge, T. A., & Robbins, S. P. (2009). Organizational behavior. Pearson.
Liden, R. C., Wayne, S. J., Liao, C., & Meuser, J. D. (2014). Servant leadership and serving culture: Influence on individual and unit performance. Academy of Management Journal, 57(5), 1434–1452.
Lovelock, C. H., & Wirtz, J. (2004). Services marketing: People, technology, strategy.
Novitasari, D., Yuwono, T., Cahyono, Y., Asbari, M., Sajudin, M., Radita, F. R., & Asnaini, S. W. (2020). Effect of hard skills, soft skills, organizational learning and innovation capability on indonesian teachers’ performance during Covid-19 pandemic. Solid State Technology, 63(6), 2927–2952.
Peters, B. G. (2018). The politics of bureaucracy: An introduction to comparative public administration. Routledge.
Saefullah, A. (2022). Pengaruh disiplin kerja pegawai dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 1–20.
Senge, P. M. (2006). The fifth discipline: The art and practice of the learning organization. Broadway Business.
Simarmata, N. Y., & Sutrisno, E. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Prinsip Good Governance di Kantor Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi. Jurnal Pembangunan Dan Administrasi Publik.
Teece, D. J. (2018). Dynamic capabilities as (workable) management systems theory. Journal of Management & Organization, 24(3), 359–368.
Uno, A. I., Upe, R., & Firdaus, A. (2024). Pengaruh Penerapan E-Kinerja Dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Aparatur Sipil Negara Di LPP TVRI Stasiun Gorontalo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen & Bisnis, 2(3), 36–43.
Vuong, B. N. (2023). The influence of servant leadership on job performance through innovative work behavior: does public service motivation matter? Asia Pacific Journal of Public Administration, 45(3), 295–315.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sumarno, Najeminur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




