PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM JAMINAN KESEHATAN BERBASIS PEMERINTAH DI KOTA BATAM: STUDI KASUS APLIKASI MOBILE JKN BERBASIS ELEKTRONIK

Authors

  • Alfonsus Gea Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam
  • Etika Khairina Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam
  • Lubna Salsabila Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i2.4892

Keywords:

Jaminan Kesehatan Nasional, Inovasi Pelayanan Publik, Persepsi Masyarakat

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap layanan jaminan kesehatan berbasis pemerintah di Kota Batam, khususnya Jaminan Kesehatan Nasional aplikasi Mobile JKN Berbasis elektronik. Program ini merupakan inovasi terbaru dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan kuesioner terhadap responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pengelolaan aplikasi emobile JKN karena aplikasi dapat diakses dengan mudah, cepat dan tepat mereka dapat mengakses layanan dan informasi yang akurat. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat merasa puas dengan kegiatan tersebut dan menganggapnya bermanfaat. Selanjutnya terdapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap pemerintah, dan masyarakat memberikan nilai yang tinggi terhadap penyediaan layanan jaminan kesehatan oleh pemerintah.  

References

Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, I. (2022). INOVASI DAN EFEKTIVITAS PELAYANAN MELALUI MOBILE JKN PADA BPJS KESEHATAN DI JAKARTA SELATAN. Medium, 9(2). https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).10073

Arief, A., Sensuse, D. I., Latif, L. A., & Abbas, M. Y. (2021). Study on e-government integration: a theoretical and empirical review. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1125(1), 012028.

Asmaul Khusna, Doddy Ridwandono, & Arista Pratama. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2). https://doi.org/10.33005/jifosi.v2i2.299

Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL). Industrial Engineering Journal, 11(2). https://doi.org/10.53912/iej.v11i2.837

Bertot, J. C., Gorham, U., Jaeger, P. T., Sarin, L. C., & Choi, H. (2014). Big data, open government and e-government: Issues, policies and recommendations. Information Polity, 19(1–2). https://doi.org/10.3233/IP-140328

Huda, M., & Yunas, N. (2016). The Development of e-Government System in Indonesia. Jurnal Bina Praja, 08(01). https://doi.org/10.21787/jbp.08.2016.97-108

Karniawati, N. (2021). Inhibiting Factors for E-Government Implementation in Local Government. Journal of Governance, 6(1), 73–84.

Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Lubis, B. O., Salim, A., & Jefi, J. (2020). Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal SAINTEKOM, 10(1). https://doi.org/10.33020/saintekom.v10i1.131

Manoharan, A. P., & Ingrams, A. (2018). Conceptualizing e-government from local government perspectives. State and Local Government Review, 50(1), 56–66.

Maulana, R. Y. (2020). Collaborative governance in the implementation of e-government-based public services inclusion in Jambi Province, Indonesia. Journal of Governance, 5(1), 91–104.

Novitasari, E., Dewi, F. G., & Oktavia, R. (2022). Determinants of E-Government Implementation in Indonesia. Asian Journal of Economics, Business, and Accounting, 22(19), 25–33.

Nurdin, N., Stockdale, R., & Scheepers, H. (2015). Influence of organizational factors in the sustainability of e-government: A case study of local e-government in Indonesia. Trends, Prospects, and Challenges in Asian E-Governance, 281–323. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-9536-8.ch014

Rokhman, A. (2016). E-Government Adoption in Developing Countries; the Case of Indonesia E-Government Adoption in Developing Countries; the Case of Indonesia. January 2011.

Sangki, J. (2017). Vision of Future E-Government Via New E-Government Maturity Model: Based On Korea’s E-Government Practices. Telecommunications Policy, December, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2017.12.002

Suciska, W. (2016). Optimalisasi Penerapan E-Goverment Melalui Mendia Sosial Dalam Mewujudkan Good Governance. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, 374–389.

PlumX Metrics

Published

27-09-2023

How to Cite

Gea, A., Khairina, E., & Salsabila, L. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM JAMINAN KESEHATAN BERBASIS PEMERINTAH DI KOTA BATAM: STUDI KASUS APLIKASI MOBILE JKN BERBASIS ELEKTRONIK. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 7(2), 325–337. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i2.4892