PENERAPAN MODUL PENGASUHAN DAN PENDIDIKAN ANAK PADA PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN TANJUNG AYUN SAKTI

Authors

  • Halisa Putri Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v8i1.5478

Keywords:

Implementasi, Modul, Pengasuhan, Pendidikan

Abstract

Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak dibentuk berdasarkan modul yang telah ditentukan dalam suatu program PKH. Melalui perolehan informasi dan kemampuan baru, tujuan peraturan ini untuk meningkatkan praktik pengasuhan anak dan pendidikan dirumah tangga penerima manfaat. Tujuan penelitian ini untuk memberikan rasionalisasi atas kejadian-kejadian yang terjadi selama modul parenting dipraktikkan. Penelitian ini akan berlokasi di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti dan melibatkan delapan informan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terutama mengacu pada pemikiran Donald Van Metter dan Carl Van Horn. Dari penelitian yang dilakukan terhadap implementasi kebijakan yang dibuat oleh berbagai program pemerintah, dapat disimpulkan: (1) Prosedur Operasi Standar (SOP) dipatuhi ketika menetapkan kriteria dan tujuan keberhasilan penyelesaian modul pengasuhan dan pendidikan anak. (2) Meskipun jenis program ini sesuai dengan kondisinya, namun tidak semua keluarga penerima manfaat

Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak dibentuk berdasarkan modul yang telah ditentukan dalam suatu program PKH. Melalui perolehan informasi dan kemampuan baru, tujuan peraturan ini untuk meningkatkan praktik pengasuhan anak dan pendidikan dirumah tangga penerima manfaat. Tujuan penelitian ini untuk memberikan rasionalisasi atas kejadian-kejadian yang terjadi selama modul parenting dipraktikkan. Penelitian ini akan berlokasi di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti dan melibatkan delapan informan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terutama mengacu pada pemikiran Donald Van Metter dan Carl Van Horn. Dari penelitian yang dilakukan terhadap implementasi kebijakan yang dibuat oleh berbagai program pemerintah, dapat disimpulkan: (1) Prosedur Operasi Standar (SOP) dipatuhi ketika menetapkan kriteria dan tujuan keberhasilan penyelesaian modul pengasuhan dan pendidikan anak. (2) Meskipun jenis program ini sesuai dengan kondisinya, namun tidak semua keluarga penerima manfaat mengimplementasikan modul ini kedalam aktivitas mereka sehari-hari, sehingga menghambat program berfungsi secara maksimal. (3) Sumberdaya dilihat dari sasaran yaitu masyarakat keluarga penerima PKH belum maksimal jika bukan karena penolakan target untuk mempelajari modul yang ditawarkan. (4) Semua fungsi agen pelaksana bekerja persis seperti yang dirancang. (5) Lingkungan ekonomi dan hasil sosial yang dicapai berdampak pada kehidupan sosial orangtua dan anak yang telah mengikuti program tersebut. Sehingga, disarankan agar tim PKH melakukan monitoring agar pelaksanaannya optimal.

mengimplementasikan modul ini kedalam aktivitas mereka sehari-hari, sehingga menghambat program berfungsi secara maksimal. (3) Sumberdaya dilihat dari sasaran yaitu masyarakat keluarga penerima PKH belum maksimal jika bukan karena penolakan target untuk mempelajari modul yang ditawarkan. (4) Semua fungsi agen pelaksana bekerja persis seperti yang dirancang. (5) Lingkungan ekonomi dan hasil sosial yang dicapai berdampak pada kehidupan sosial orangtua dan anak yang telah mengikuti program tersebut. Sehingga, disarankan agar tim PKH melakukan monitoring agar pelaksanaannya optimal.

References

Agustino, L. (2008). Dasar Dasar Kebijakan Publik.

Alya Noviga Syahrani, Jauhar Arifin, S. Syahrani. (2020). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Bidang Pendidikan Di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong Tahun 2018. JAPB, 3(2), 880–892.

Aprilia Puntorini, S., & Priyo Purnomo, E. (2020). Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Rangka Pengurangan Angka Kemiskinan Di Kabupaten Bantul Tahun 2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(1), 230–242. http://doi.org/10,21009/JKKP.072.10

Badan Pusat Statistik Indonesia. (n.d.). Retrieved February 23, 2024, from https://www.bps.go.id/id

Dewi, A. N. (2021). Penyelenggaraan Kagiatan Family Development Session. 3(2), 27–33.

Kementerian Sosial Republik Indonesia. (2019, August 9). Program Keluarga Harapan (PKH). https://kemensos.go.id/program-keluarga-harapan-pkh

Kementerian Sosial Republik Indonesia. (n.d.). Modul Pengasuhan & Pendidikan Anak Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2k2) Program Keluarga Harapan (Pkh) Panduan Teknis Pelaksanaan P2k2. Retrieved November 14, 2023, from https://docplayer.info/222903976-Modul-pengasuhan-pendidikan-anak-pertemuan-peningkatan-kemampuan-keluarga-p2k2-program-keluarga-harapan-pkh-panduan-teknis-pelaksanaan-p2k2.html

Nurhanisah, Y. (2021). PKH Hadir Bantu Masyarakat di Tengah Pandemi. Indonesiabaik.Id. https://indonesiabaik.id/infografis/pkh-hadir-bantu-masyarakat-di-tengah-pandemi

RI, K., Perlindungan, H. D., & RI, J. S. K. (2021). Program Keluarga Harapan. Kementerian Sosial RI.

Saragi, S., Batoebara, M. U., & Arma, N. A. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Desa Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.37606/publik.v8i1.150

Satori, D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (7th Ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrial, S., & Desrina, T. (2022). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Menanggulangi Kemiskinan (Studi Kasus Di Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 2(1), 58–74. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.63

Yani, M. S., & Wisroni, W. (2021). Implementation of the Child Care and Education Module in the Family Development Session Program PKH. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 613. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114668

Aferi, A., Asha, L., & Amda, A. D. (2020). Implementasi Manajemen Family Development Session Dalam Meningktkan Pengasuhan dan Pendidikan Keluarga (Studi Kasus Program Keluarga Harapan di Kecamatan Lebong Utara). IAIN Curup.

Alfiyaturrohmah, A., & Setiawan, Z. (2023). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun 2021. Spektrum, 20(2), 35–49.

Darmawan, D., Alamsyah, T. P., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 160–169.

Darmawan, D., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action (PLA) pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 570–579.

Esahstia, H. S., Rahmah, A. M., & Utami, N. A. T. (2024). Implementasi Hukum Kebijakan Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) di DINSOSPERMADES Kabupaten Banyumas. Jurnal Hukum In Concreto, 3(1), 27–40.

Fatimah, S. N., Susilawati, S., & Syaodih, E. L. (2023). Collaborative Snowball Throwing Dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Pkh Tentang Pengasuhan. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan), 5(1).

Ghozali, B., & Saifuddin, M. (2022). Implementasi program pemberdayaan masyarakat pada keluarga penerima manfaat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (studi pada program keluarga harapan kementrian sosial di Pekon Balak Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(10), 2565–2574.

Handoko, I. D. (2023). Peningkatan Pemahaman Pola Asuh Melalui Strategi Inquiry dalam Program Keluarga Harapan di Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. ASWAJA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 3(1).

Hia, E. N., Siagian, M., & Achmad, N. (2021). Implementasi Family Development Session Program Keluarga Harapan. Perspektif, 10(1), 128–139.

Nisa, M. W. (2023). Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Mewujudan Keluarga Sakinah (Studi Atas Keluarga Penerima Manfaat di Desa Jenangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo). IAIN Ponorogo.

Praratya, A., Nulhaqim, S. A., Margana, B. B. G., & Adiansah, W. (2023). Strategi Komunikasi Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan Dalam Pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) Di Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Share: Social Work Journal, 13(2), 187–193.

Ramadhani, A. D., & Yuliani, S. (2022). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Keluarga Harapan di Kabupaten Klaten (Studi Gender Model Sara Hlupekile Longwe). Jurnal Mahasiswa Wacana Publik, 2(2), 390–408.

Rismana, D. (2020). Implementasi Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan (Pkh). Al-Adl: Jurnal Hukum, 11(2), 137–150.

Utami, F., Ramadaniah, S., & Roshinta, W. S. (2020). Evaluasi Implementasi Pogram Family Development Session Melalui Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Di Kelurahan Kwitang Jakarta Pusat.

PlumX Metrics

Published

29-04-2024

How to Cite

Putri, H. (2024). PENERAPAN MODUL PENGASUHAN DAN PENDIDIKAN ANAK PADA PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN TANJUNG AYUN SAKTI. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 8(1), 48–61. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v8i1.5478

Issue

Section

Articles