INKLUSIVITAS GENDER DALAM TOP MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.30737/mediasosian.v8i1.5594Keywords:
Inklusi Gender, Rektor, Universitas NegeriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan gender dalam top management pada perguruan tinggi negeri di Indonesia. Studi ini menyajikan tabulasi data untuk menilai distribusi gender dalam top management, khususnya posisi rektor. Menggunakan metode pengumpulan data sekunder dari data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) atau website resmi universitas, atau berita yang menyediakan informasi terbuka terkait gelar akademik, usia, dan gender rektor-rektor universitas negeri di Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkap disparitas gender dengan hanya 11.83% rektor perempuan dari total 93 rektor yang diobservasi, menunjukan dominasi laki-laki yang signifikan. Pada sisi lain, ketika dilakukan pengujian chi-square tidak menunjukkan adanya hubungan ketidakseimbangan gender yang signifikan dari segi kualifikasi akademik atau distribusi geografis dengan kesempatan menjadi rektor. Meskipun tidak ada bukti statistik yang mengindikasikan hubungan antara gender dan peluang karir sebagai rektor, penelitian menyarankan kebutuhan melakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang menghambat inklusi gender pada top management perguruan tinggi negeri. Hal lain yang perlu menjadi pertimbangkan juga yakni pengembangan kebijakan untuk meningkatkan inklusivitas gender dan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi rektor berusia lebih muda pada sektor pendidikan.
References
Allen, K.-A., Butler-Henderson, K., Reupert, A., Longmuir, F., Finefter-Rosenbluh, I., Berger, E., . . . Kewalramani, S. (2021). Work like a girl: Redressing gender inequity in academia through systemic solutions. Journal of University Teaching & Learning Practice, 18(3), 03.
Blackmore, J. (2014). ‘Wasting talent’? Gender and the problematics of academic disenchantment and disengagement with leadership. Higher Education Research & Development, 33(1), 86-99.
Carvalho, T., & Santiago, R. (2010). New challenges for women seeking an academic career: the hiring process in Portuguese higher education institutions. Journal of Higher Education Policy and Management, 32(3), 239-249.
Clavero, S., & Galligan, Y. (2021). Delivering gender justice in academia through gender equality plans? Normative and practical challenges. Gender, Work & Organization, 28(3), 1115-1132.
Collinson, D., Aavik, K., Hearn, J., & Thym, A. (2023). Men, masculinities, and leadership: Emerging issues. In A Research Agenda for Gender and Leadership (pp. 87-106): Edward Elgar Publishing.
Krebsbach, J. M. (2022). Women in academia: Representation, tenure, and publication patterns in the STEM and social sciences fields. Journal of International Women's Studies, 24(5), 3.
Pandit, J. M., & Paul, B. (2023). Gender Diversity, Sustainable Development Goals and Human Resource Management Practices in Higher Education. Indian Journal of Human Development, 17(1), 111-130.
Powell, S. (2018). Gender equality in academia: Intentions and consequences. International Journal of Diversity in Organizations, Communities, and Nations, 18(1), 19.
Pratama, B. I., Wijaya, A., Hermawan, B., Baharuddin, & Purwoko. (2024). Evaluating academic performance and scholarly impact of rectors of indonesia’s public universities: a dual bibliometric and scholastic analysis. Cogent Education, 11(1), 2317151.
Shen, M. R., Tzioumis, E., Andersen, E., Wouk, K., McCall, R., Li, W., . . . Malloy, E. (2022). Impact of mentoring on academic career success for women in medicine: a systematic review. Academic Medicine, 97(3), 444-458.
Shorey, S., Chua, C. M. S., & Yap Seng, C. (2023). Turbulent academic journey of female academics: a meta-synthesis. International Journal of Inclusive Education, 1-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.