PENDEKATAN MSN DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 72 TAHUN 2022 TENTANG PENYELENGGARAAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL

Authors

  • Sri Wahyuningsih Program Studi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Kadiri, Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v8i2.5987

Keywords:

MSN Approach, Implementasi Kebijakan Publik, Identitas Kependudukan Digital

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi menuntut semua negara mengikuti pergerakan globalisasi yang syarat dengan kecepatan dan keterbukaan.  Dengan adanya hal tersebut pemerintah Indonesia bersama sumberdaya yang dimiliki telah berupaya membuat suatu kebijakan yang menunjang tercapainya identitas kependudukan digital. Salah satu kebijakan tersebut yaitu dengan dikeluarkannya PERMENDAGRI no. 72 tahun 2022 tentang Penyelanggaraan Identitas Kependudukan Digital atau disingkat (IKD). Penelitian ini akan menyajikan potret implemntasi Permendagri Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital di Kelurahan Warujayeng Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Alasan ditentukannya Kelurahan Warujayeng dikarenakan penerapan Identitas Kependudukan Digital belum optimal semenjak dikeluarkannya kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan mentality, system, dan networking (MSN) untuk memotret penyelenggaraan kebijakan pencatatan kependudukan secara digital. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggaraan Identitas Kependudukan di Kelurahan Warujayeng pada umumnya berlangsung dengan baik, dukungan kepala kelurahan serta para jajaranya dalam pelaksanaan program telah membantu dalam mendapatkan Identitas Kependudukan Digital, namun ada beberapa temuan kendala terkait penyelenggaraan di kelurahan ini. Ada hal yang muncul ke permukaan dan menonjol yaitu pemerintah setempat tidak memeberikan waktu tambahan tertentu dan perlakuan khusus dalam pelayanan program ini seperti misalnya pelayanan jemput bola ke rumah warga dan juga sikap dan kesadaran masyarakat yang kurang akan pentingnya pemahaman program kependudukan digital.

References

Abror, D., & Tyasotyaningrum, B. (2022). MSN-APPROACH DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI DESA LAMBANGKUNING KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 6(2), 248–258.

Bella, V. S., & Widodo, D. (2024). Implementasi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Di Kecamatan Tambaksari. Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 14–31.

Carayannis, E. G., & Campbell, D. F. J. (2010). Triple Helix, Quadruple Helix and Quintuple Helix and how do knowledge, innovation and the environment relate to each other?: a proposed framework for a trans-disciplinary analysis of sustainable development and social ecology. International Journal of Social Ecology and Sustainable Development (IJSESD), 1(1), 41–69.

DAMAYANTI, D. A. (n.d.). EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI MASA PERALIHAN LAYANAN TAHUN 2021 (STUDI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG).

John, P. (2013). Analyzing public policy. Routledge.

Karya, B. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Penerbit NEM.

Lindberg, M., Lindgren, M., & Packendorff, J. (2014). Quadruple Helix as a way to bridge the gender gap in entrepreneurship: the case of an innovation system project in the Baltic Sea region. Journal of the Knowledge Economy, 5(1), 94–113.

Moleong Lexy, J. (2000). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Posdakarya, Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. PT. Alfabet.

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Widiyarta, A., & Humaidah, I. (2023). Implementasi Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (Ikd) Dalam Mendorong Digitalisasi Di Kelurahan Jepara Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 43–51.

PlumX Metrics

Published

28-09-2024

How to Cite

Wahyuningsih, S. (2024). PENDEKATAN MSN DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 72 TAHUN 2022 TENTANG PENYELENGGARAAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL . Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 8(2), 217–227. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v8i2.5987