Pengaruh E-Wom Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Ud. Sr Handicraft Blitar )
DOI:
https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.3952Abstract
Persaingan dan situasi dagang yang tidak menentu menyebabkan munculnya berbagai alternatif pemasaran. Alternatif pemasaran tersebut dilakukan dengan bijak dalam meningkatkan keputusan para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian produk pada UD. SR. Handicraft Blitar (2) Pengaruh saluran distribusi terhadap keputusan pembelian produk pada UD. SR. Handicraft Blitar, (3) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan saluran distribusi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk pada UD. SR Handicraft Blitar. Penelitian ini memakain studi kuantitatif. Data primer berasal dari pengisian kuesioner yang diisi oleh konsumen UD. SR Handicraft Blitar. Populasi sejumlah 398 orang. Sampel yang dipakai sejumlah 191 responden. Uji hipotesis memakai analisis regresi linear berganda. Hasil uji f menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan Saluran distribusi secara bersama-sama berpengaruh positif dan bermakna terhadap keputusan pembelian di UD. SR. Handicraft Blitar. Hasil uji t menunjukkan adanya pengaruh secara parsial Electronic Word of Mouth dan Saluran distribusi dalam menumbuhkan keputusan pembelian pada pelanggan UD. SR. Handicraft Blitar. Nilai R Square sebesar 0,437 atau 43,7% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel analisis Electronic Word of Mouth dan Saluran distribusi, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada studi ini.References
Adelia Sari, Sienny Thio, Vina Ivana (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran dan Kafe Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol 2, No 2 (2014).
Ali Yaylı dan Murat Bayram (2012). e-WOM: the effects of online consumer reviews on purchasing decisions. International Journal of Internet Marketing and Advertising/ Volume 7, Issue 1/ DOI: 10.1504/IJIMA.2012.044958.
Anugrah, Dwi Sagita Putri and Dahnil Johar, Johar and Zeshasina, Rosha (2020). Pengaruh Harga Word of Mouth dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Berbelanja Online Fashion pada Situs Zalora di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Budi Harsono (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Susu Merek Anlene Di Jakarta. Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 7, No 1 (2018).
Daryanto (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Faris Nurrohman (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Ghozali, Imam (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jalilvand (2012). Analisis Jalur Dalam Riset Pemasaran Teknik Pengolahan Data SPSS & Lisrel. Bandung : Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan.
Jumiati dan Toto Sugiarto (2017). Analisis Pengaruh Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bisnis pada PT. Indomarco Adi Prima. ejournal.stiepancasetia.ac.id.
Kotler dan Armstrong (2012). Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Jakarta : Erlangga.
Novita Sari, Muhammad Saputra, Jamaluddin Husein (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya Vol 3, No 01 (2017)
Priansa, Donni Juni (2016). Pengaruh eWoM dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online Di Lazada. Jurnal Ecodemika Vol 4, No 1 (2016).
Saladin, Djaslim (2012). Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab. Bandung : Linda Karya.
Nurrohman, Faris. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Smartphone Merek Blackberry di Yogyakarta). Thesis, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta
Novita Sari, dkk (2017) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com Jurnal Manajemen Magister, Vol. 03. No.01, Januari 2017
Kotler, P. & K. L. Keller (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid Dua. Jakarta:
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Erlangga.
Anugrah Janwar Tunis, Sopa Martina, 2020, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di The Secret Factory Outlet, Jurnal Pariwisata, Vol, III No, 1 April 2020
Sigit (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Stanton, William J. (2013). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Suharno (2010). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.
Thurau-Henning, Thorsten, Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh, and Dwayne D. Gremler. 2004. “Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?†Journal of Interactive Marketing, 18 (1): 38-56.
Tjiptono, Fandy (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Helmalia Jelita Putri, Sandi Eka Suprajang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).