PENGEMBANGAN USAHA 2N MELALUI PLATFORM INSTAGRAM DAN WHATSAPP

Authors

  • Silvia Usmayanti Putri Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Meilany Pramesti Habiba Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Kurnia Yulia Ayu Falefy Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sayyida Nafisatur Riza Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Bintis Tianatud Diniati Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v5i2.6214

Abstract

Abstract: This research aims to develop an effective marketing strategy for salted egg Micro,
Small and Medium Enterprises (MSME) centers in Kedungsoko Village, Tulungagung District.
The problems faced by MSMEs involve limited market access and the lack of use of digital
marketing to increase the visibility of their products. The research method used was
qualitative, this research involved interviews with MSME owners. The research results showed
that the adoption of digital marketing strategies significantly increased exposure to salted egg
MSME products. Through the use of social media, websites and e-commerce platforms, MSMEs
have succeeded in reaching a wider market and increasing sales of their products.
Keywords: Digital Marketing, Marketing Strategy, and Salted Egg MSMEs

References

Dyah Puspita, dkk. 2022. Meningkatkan Kualitas Pemasaran Umkm Melalui Inovasi Sosial Media Marketing Pada Pelaku Usaha Keripik Di Desa Domas. E-Journal Al-Dzahab, 3 (1), 21-31. Kediri: Al-Dzahab.

Eri, Fransisca & Eko, Wahyu. 2023. Pengembangan Strategi Pemasaran pada Sentra UMKM Telur Asin melalui Digital Marketing di Desa Simoketawang, Kec. Wonoayu. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan, 1 (2), 16-20. Sidoarjo: JPML.

Febrianti, Mutiara, Savitri, Citra & Pramudita, Syifa. 2024. Penerapan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran UMKM Telur Asin Pak Dapin di Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 6 (3), 3661-3674. Karawang: Al Kharaj.

Harini, Cicik, Sri, Heru & Agustina, Feri. 2020. Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Digital Marketing pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumberdaya, 23 (2). Semarang: Universitas Pandanaran.

Harto, Budi, dkk 2023. Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif pada UMKM Kota Bandung. Jurnal Komunikasi Universal, 5 (2), 244-261. Bandung : UPI.

Lady, Hasvia, Tasya, dkk. 2023. Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Kegiatan Promosi UMKM Windish . Jurnal Minfo Polgan. 12 (2). Batam.

Lady, Songsen, Yang, dkk. 2023. Implementasi Strategi Digital Marketing melalui Social- Media untuk Meningkatkan Kinerja pada UMKM Kole-Koleh Anggraini di Kota Batam. Journal of Management & Business, 6 (1), 370-384. Batam: Seiko.

Meilya, Siska, Silviana, Fiqia, dkk. 2006. Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Makanan Dan Minuman Khas Gresik. (2829), Gresik.

Pramesti, Faras, Mulia, Berto & Sinansari, Puti. 2020. Analisis Penentuan Prioritas Platform Media Sosial pada Performa Pemasaran UKM: Kasus di Kota Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9 (1), 2337-3520. Surabaya: ITS.

Rambe Riswan, dkk. 2023. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Umkm Makaroni Deliciuzz,2 (4). Sumatera Utara: Musytari.

Safitri, Bella, Mutiara, Azfa, dkk. 2024. Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM. Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan, 1 (3), 110-114. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.

Silvialatus, Wanda & Eko, Wahyu. 2024. Pengembangan Strategi Pemasaran pada Sentra UMKM Telur Asin Melalui Digital Marketing di Desa Jenggot Kecamatan Krembung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3 (1), 88-94. Sidoarjo: Cakrawala.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Wesla, M, Iriana, Ririt, dkk. 2023. Pemberdayaan Dan Sosialisasi Usaha Mikro Melalui Digital Marketing Dan Branding Terhadap Beberapa UMKM Di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar . Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5 (3), 87-98. Blitar: UPN “Veteran” Jawa Timur.

Zainal, Abidin, dkk. 2020. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10 (1), 18-31. Gresik: UPN "Veteran" Jawa Timur.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-30

How to Cite

Putri, S. U., Habiba, M. P., Falefy, K. Y. A., Riza, S. N., & Diniati, B. T. (2024). PENGEMBANGAN USAHA 2N MELALUI PLATFORM INSTAGRAM DAN WHATSAPP. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.30737/risk.v5i2.6214