IMPLEMENTASI PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DALAM PEMENUHAN PERSYARATAN TEKNIS DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.30737/transparansi.v4i2.1775Abstract
ABSTRAKÂ
Implementasi pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kota Semarang sampai saat ini masih belum maksimal. Berdasarkan pengamatan, masih terlihat adanya pungutan biaya yang melebihi ketentuan berlaku, proses administrasi pengujian kendaraan bermotor masih belum efektif dan efisien serta masih kurang jelasnya informasi pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses implementasi pelayanan pengujian kendaraan bermotor serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat proses implementasi di Dinas Perhubungan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian pada implementasi pelayanan pengujian kendaraan bermotor berdasarkan teori Edward III, serta faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi. Analisis data menggunakan analisis domain, untuk memperoleh gambaran yang umum dan menyeluruh tentang situasi sosial yang diteliti atau obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan kendaraan bermotor di Dishub Kota Semarang secara umum sudah bagus. Ini diketahui dari empat variabel yang terpenuhi yaitu: 1). Komunikasi, hadirnya peraturan teknis terkait pelayanan pengujian kendaraan bermotor yaitu Peratuan Walikota Semarang Nomor 54 tahun 2018. Kemudian adanya renstra (rencana strategis) Dishub 2016-2021 sebagai acuan kinerja dan target yang harus dipenuhi; 2). Sumber daya, terdapat 225 petugas dan juga peralatan penunjang; 3). Disposisi, hadirnya sikap tanggung jawab, motivasi dan komiten dalam menjelankan tugas dan pelayanan; 4). Struktur birokrasi, sudah adanya tugas dan fungsi masing-masing petugas dalam organisasi Dishub Kota Semarang. Pelayanan kendaraan bermotor di Dishub Kota Semarang terhambat oleh faktor kualitas SDM, masih ada yang berpendidikan SD dan SMP, SDM yang berumur tua sehingga kurang taktis dalam pelayanan, terbatasnya petugas teknis untuk menguji kendaraan dan masih kurangnya sosialisasi ke masyarakat terkait sistem online yang sudah diterapkan dan juga tidak sebandingnya jumlah populasi kendaraan dengan personil Dishub. Sedangkan faktor pendukungnya adalah: adanya SDM yang cukup memadai, alat uji kendaraan yang cukup lengkap, kendaraan operasional dan sistem pelayanan online (daring).
.
Â
Kata Kunci: Implementasi, pelayanan, pengujian, kendaraan bermotor
References
DAFTAR PUSTAKA
Afifudin, Saebani Beny Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Anggara, Sahya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincon. 2011. Hand Book Qualitative Research 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ekotama, Suryono. 2011. Cara Gampang Bikin Standard Operating Procedure Agar Roda Usaha Lebih Tertata. Yogyakarta: Media Pressindo.
Gie, The Liang. 1979. Unsur-unsur Administrasi. Yogyakarta: Karya Kencana.
Hamdi, Muchlis. 2014. Kebijakan Publik: Proses, Analisis dan Partisipasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Handoko, T.Hani. 2003. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hayat. 2018. Kebijakan Publik: Evaluasi, Reformasi dan Formulasi. Malang: Intrans Publishing.
Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Jones, Charles O. 1991. Pengantar Kebijakan Publik (Terjemahan). Jakarta: Rajawali Press.
J.S. Badudu, Sutan Muhammad Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta:
Pembaruan.
Koesmono, dkk, 2004, Pengaruh Kepribadian Terhadap Komitmen Organisasi dan Perilaku serta Kinerja Karyawan pada Perusahaan Perkayuan di Jawa Timur. Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi. Vol 4 No.3
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moenir, AS. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Mulyadi, Deddy, dkk. 2016. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nugroho, Riant D. 2002. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik:
Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Robbins dan Timothy. 2008. Perilaku Organisasi Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat.
Sari Puspita, I Gusti Agung Istri, dkk. 2018. Evaluasi Program Pengujian Kendaraan Bermotor Drive Thru (Studi Kasus pada UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Denpasar).
Jurnal Citizen Vol No 1 2018. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.
Siagian, Sondang P. 1971. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Sinambela, dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Konsep. Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumini dan Suprihatin. 2005. Pengaruh Motivasi dan Ketrampilan Terhadap Produktifitas Kerja:
Studi Pada Perempuan Pekerja dalam Industri Rumah Tangga di Dusun Sawahan, Nogotirto, Sleman Yogyakarta. Jurnal Penelitian, No 17.
Sundarso, dkk. 2014. Teori Administrasi : Pengantar Administrasi Publik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suprianto. 2010. “ Fungsi Pemerintah Dalam Pelayanan Publik (Kasus Pengujian Kendaraan Bermotor Pada UPTD Dinas Perhubungan Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Kampar). Jurnal FISIP Volume 1 No, 2 – Oktober 2014. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tambunan, Rudi M. 2011. Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP). Jakarta: Maistas Publishing.
Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model – Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, Joko. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia
Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Zulfauziah, Jinang. 2018. Kinerja Dinas Perhubungan Dalam Pelayanan Penggunaan Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang Di Kabupaten Pinrang. Skripsi dipublikasikan. Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Peraturan Perundang-Undangan:
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor.
Peraturan Walikota Semarang Nomor 54 Tahun 2018 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor.
Keputusan Menteri PAN Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Internet :
Afrizal, A. 2015. Studi Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kota Semarang†. (Journal of Public Policy and Management
Review). Dipublikasikan .https://ejournal3.undip.ac.1d. Diakses Selasa, 14 Juli 2020.
Ekonomi Bisnis. 2019. Hasil Uji KIR Palsu Merebak.
https://ekonomi.bisnis.com/read/20191004/98/1155585/hasil-uji-kir-palsu-merebakkemenhub-pangkas-lokasi-uji-hingga-50-persen. Diakses pada Selasa, 2 September 2020.
Fauzi Yudistira. 2010. Implementasi Kebijakan Publik. http//www.Scribd.com/doc/32034707/implementasi-kebijakan-publik.
Firdausi, Himatul, 2013. Kinerja Pelayanan Kelayakan Kendaraan Bermotor (Studi kasus pada Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi. (Skripsi), Dipublikasikan. https://repository.unej.ac.id. Diakses, Rabu 22 Juli 2020.
Ganjar. 2018. Ganjar anggap uji KIR gudang pungli. https://www.solopos.com/ganjar-anggap-ujikir-gudang-pungli-944990 dikases pada 12 Agustus 2020
Kompas,com. 2018. Lakukan Pungli Uji Kir, Dua Pegawai Dishub Rembang Kabupaten Diamankan. https://regional.kompas.com. Diakses 23 Juli 2020.
Republika co.id. 2020. Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Naik 3 Persen. https://nasional.republika.co.id. Diakses Selasa, 21 Juli 2020.
Samudra, M. Adam, 2018. 4 Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Raya. https://www.gridoto.com. Diakses Rabu, 22 Juli 2020.
Sari, I Gusti Agung Puspita. 2012. Evaluasi Program Pengujian Kendaraan Bermotor Drive Thru
(Studi Kasus Pada UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Denpasar). Journal
Universitas Udayana. https://www.onesearch.id. Diakses Selasa, 21 Juli 2020.
Supriyanto, Hery. 2019. Fungsi Pemerintah Dalam Pelayanan Publik (Kasus Pengujian Kendaraan Bermotor Pada UPTD Dinas Perhubungan Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Kampar. (Skripsi). Dipublikasikan Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Riau. https://media.neliti.com. Diakses. Diakses Selasa, 21 Juli 2020.
Suryana, Siti Erna Latifi, 2009. Implementasi Kebijakan Tentang Pengujian KendaraanBermotor Di Kabupaten Aceh Tamiang. (Tesis), Dipublikasikan. https://id.123dok.com. Diakses Kamis, 23 Juli 2020.
Times Indonesia. 2020. Ditjen Hubdat Kemenhub RI dan Polres Malang Rilis Pemalsuan Kartu Blu-E. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/293149/ditjen-hubdat-kemenhub-ridan-polres-malang-rilis-pemalsuan-kartu-blue. Diakses Selasa 1 September 2020.
Tribun Jateng.com. 2019. Hingga Oktober 2019, 3.167 Jiwa Melayang Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Jawa Tengah. https://jateng.tribunnews.com. Diakses Selasa, 21 Juli 2020.
Zufauziah, Jinang. 2018. Kinerja Dinas Perhubungan Dalam Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang Di Kabupaten Pinrang. (Skripsi), Dipublikasikan, Program Studi Administrasi Negara Departemen Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. https://www.google,com. Diakses Selasa, 21 Juli 2020.