ANALISIS PENGARUH VARIABEL KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEDAI ICE CREAM GUBUK BAMBU KAB. KEDIRI

Pandu Ardana Hariyono(1*), Nur Laely(2), Eni Prastiti(3),

(1) 
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian  untuk  mengetahui  kualitas  pelayanan  mengenai  tangible,  reliability,  responsiveness,  assurance,  dan  emphaty apa berpengaruh  terhadap  kepuasan  konsumen untuk  menganalisis  faktor  paling  dominan  mempengaruhi  kepuasan  konsumen  Kedai  Ice  Cream  Gubuk  Bambu  Kabupaten  Kediri. Populasi  dalam  penelitian  ini  pengunjung  di  Kedai  Ice  Cream  Gubuk  Bambu  Kabupaten  Kediri.  Sampel 100 menggunakan  teknik  Non-Probability  Sampling  dengan  pendekatan  Accidental  sampling. Berdasarkan  pada  hasil  analisis  regresi  linier  berganda  yang  telah  dilakukan  pada  penelitian  ini,  didapat  persamaan  regresi  sebagai  berikut  : Y = 0,155 X₁ + 0,205 X₂ + 0,123 X₃  +  0,191 X₄ + 0,368 X₅. Analisis data statistik indikator bersifat  valid  dan  variabelnya  bersifat  reliabel.  Pengujian asumsi klasik,model regresi bebas  multikolinieritas,  tidak  terjadi  heteroskedastisitas,  dan  berdistribusi  normal. Secara  individu masing-masing  variabel  yang  paling  berpengaruh variabel  emphaty  dengan  koefisien  regresi  sebesar  0,368, reliability koefisien  regresi  sebesar  0,205,  assurance koefisien  regresi  0,191, tangible koefisien  regresi 0,155 variable yang paling  rendah responsiveness  koefisien  regresi 0,123. 

Kata-kata kunci : kualitas  layanan,  tangiblereliabilityresponsiveness  ,  assurance  ,  emphaty  ,  kepuasan  konsumen


Full Text:

PDF

References


Afrianti, Christiana. 2014. Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian Cabang Kediri. Kediri: Penerbit Universitas Kadiri

Asep M.Ramdan. 2008 Oktober 22. Hubungan Kualitas Jasa dan kepuasan Konsumen. (http://asep-m-ramdan.blogspot.com).

Aviliani, R dan Wilfridus, L. 1997. Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan. Usahawan, No.5

Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Freddy Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Gandung Satriyono & Desi Kristanti. (2018). Pengaruh kepuasan pasien pada kualitas layanan Rawat Inap terhadap niat Discharge Against Medical Advice ( DAMA ) ( Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Pare Kabupaten Kediri ). Ekonika, 3(2), 136–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.190

Putra, Y. P. (2014). Formulasi Strategi Bersaing Pada Universitas Kadiri Dalam Menghadapi Persaingan Antar Perguruan Tinggi Sejenis di Kota Kediri. Universitas Airlangga, Surabaya.

Yunanto, Y. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja karyawan terhadap kepuasan pasien askes di pt askes kediri. Ekonika, 1(1), 26–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.3

Hardiyati, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Argowisata Kebun Teh Pagilaran. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro

Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.

M. Nur Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasbir, Safira Farizah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Hair Nets. Kendari: Penerbit Universitas Halu Oleo

Rambat Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat.

S. Azwar. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sunarto. 2003. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : AMUS Jogyakarta dan CV Ngeksigondo Utama.

Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid 10 2005, h. 153165.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v1i2.314

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter