ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA SIDOREJO KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Veril Sella Marlita Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
  • Sugeng Widodo Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v4i2.1200

Abstract

Pembangunan nasional dapat dimulai dari adanya pembangunan desa. Tujuan utama dari adanya perkembangan dalam pembangunan desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaan pembangunan desa perlu dilakukan dengan cara bertahap dan konsisten agar tujuan dalam mensejahterkan masyarakat dapat secara merata dan perkembangan dapat terlihat. dimana dapat disesuaikan dengan skala prioritas dan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut, agar langkah perubahan sesuai dengan sasaran. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji partisipasi masyarakat di Desa Sidorejo dengan model penelitian interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah partisipasi masyarakat di Desa Sidorejo relatif tinggi, namun perlu adanya kerjasama antara pemerintahan desa dengan masyarakat, karena terbatasnya pemberian ruang dan kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat dalam proses pembangunandari perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan hingga pengawasan setelah proses pembangunan dilakukan masih sangat terbatas. Karena mayoritas masyarakat hanya menerima komando dari pemerintah desa.

 

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat; Pembangunan Desa; Pemerintahan Desa.

References

Daraba, D. 2017. Pengaruh Program Dana Desa terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Sosiohumaniora, 19(1), 52–58.

Ibrahim, M. A. 2015. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Indrawidjaja, A. I., Pranoto, J., Riduwan, Sukari, & Subandi. 2011. Revitalisasi administrasi pembangunan: berbasis jatidiri dan karakter bangsa dalam pembangunan nasional. Alfabeta.

Letsoin, H. 2015. Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan di Desa Coa Distrik Kaimana Kabupaten Kaimana1. JURNAL POLITICO, 4(1).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Sari, I. P. 2016. Implementasi Pembangunan Partisipatif ( Studi Kasus Di Kelurahan Andowia Kabupaten Konawe Utara). Jurnal Ekonomi (JE), 1(April), 179–188.

SIHITE, W. R., & ZAKARIA, Z. 2017. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa pada Program Gerbang Swara. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 9(1).

Soewadji, J. 2012. Pengantar metodologi penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 210.

Sugiono, S. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suseno, D. A., & Sunarto, S. T. 2016. Analisis Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Undang–Undang Desa No 6 Tahun 2014 Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 8(2), 122–137.

Suyono, D., & Pramono, T. 2018. Reformasi Birokrasi Di Badan Pusat Statistik Kabupaten Tulungagung. Mediasosian, Vol. 2(2), hal. 25-31.

Downloads

PlumX Metrics

Published

06-09-2020

How to Cite

Marlita, V. S., & Widodo, S. (2020). ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA SIDOREJO KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 4(2). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v4i2.1200

Most read articles by the same author(s)