Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai di Bagian Umum dan Perlengkapan Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian Pemerintah Kabupaten Trenggalek

Erna Fatmawati(1*), Mashuri Mashuri(2),

(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Dalam rangka membangun kualitas kinerja pemerintahan yang efektif dan efisien, diperlukan waktu untuk memikirkan bagaimana mencapai kesatuan kerjasama sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat. Untuk itu, diperlukan otonomi serta kebebasan dalam mengambil keputusan mengalokasikan  sumber daya, membuat pedoman pelayanan, anggaran, tujuan, serta target kinerja yang jelas dan terukur. Pertanyaannya bagaimanakah  Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Di Bagian Umum dan Perlengkapan  Sub  Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian Pemerintah Kabupaten Trenggalek ? dan faktor - faktor  apa yang menghambatStrategi Peningkatan Kinerja Pegawai Di Bagian Umum dan Perlengkapan Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian  Pemerintah Kabupaten Trenggalek ?. Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut di atas, maka perlu digunhakan pendekatan penelitian deskriptif klualitatif, yang mengedepankan fakta-fakta lapangan sebagai dasar analisis dan mengambuil kesimpulan. Teknik purposive sebagai rteknik penentuan informan dan teknik observas, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data yang terkumpul gharus dilakukan cross csheck data guna menentukan bahwa data tersebut valid atau tidak. Kemudian dianalisis dengan teknik analisis inteaktif dari Milles dan Huberman. Strategi peningkatan kinerja pegawai di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian Bagian Umum dan Perlengkapan Kabupaten Trenggalek dapat dilaksanakan  dengan baik sesuai  dengan harapan dan prosesnya dapat terpenuhi sehingga kinerja itu dapat mendorong terhadap kinerja organisasi. Hal ini didukung fakta lapangan bahwa pimpinannya dapat memberikan contoh dan teladan serta kuatnya disiplin pegawai, komunikasi  yang hidup dan berkembang serta motivasi yang tinggi sebagai akibat dari pemebrian reward dan punisment. Adapun faktor pendukung strategi kiinerja adalah Kepemimpinan  yang cukup  baik,  Kedisiplinan baik, komunikasi  yang  efektif dan intens serta motivasi  dari pimpinan  dalam bentuk reward dan funishment secara konsisten dan konsekuen.Faktor penghambatnya masih terbatasnya tingkat pendidikan, masih  kurangnya  pegawai yang berkualifikasi pendidikan khusus ketatausahaan  dan kepegawaian.

 

Kata Kunci : Kinerja ASN

 


Full Text:

XML


DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.573

Article Metrics

Abstract view : 86 times
XML - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL MEDIASOSIAN is still in preparation to be indexed in:
"

Copyright of JURNAL MEDIASOSIAN (Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara) ISSN 2579-342X (print), ISSN 2620-5149 (online)

Gedung B UNIVERSITAS KADIRI, FISIP

Jl. Selomangleng No.1 Mojoroto, Kota Kediri, 64115,

Phone: 085736964063

Email: mediasosian@unik-kediri.ac.id