IMPLEMENTASI KEPUTUSAN MENTERI SOSIAL TENTANG BANTUAN SOSIAL TUNAI

Authors

  • M. Daimul Abror Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri
  • Anna Chrysdian Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri
  • I Gusti Gede Heru Marwanto Prodi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i2.5279

Keywords:

MSN approach, Implementasi Kebijakan Publik, Bantuan Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji bagaimana Keputusan Menteri Sosial mengenai Bantuan Sosial Tunai dalam pelaksanaannya di Kelurahan Payaman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk serta faktor yang mendukung dan menghambatnya. Untuk menjawab sasaran dalam penelitian tersebut, Teknik yang digunakan oleh para ahli adalah jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mentality approach terkait dengan sikap, perilaku, maupun tanggungjawab aparatur Pemerintah Kelurahan Dalam perpespektif system approach, pada aspek regulasi ternyata penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial. Sedangkan pemerintah Kelurahan hanya berfungsi mensosialisasikan dan mengawal penyaluran BST dan tidak mampu merubah ketentuan pusat tersebut. yang menjadi pendukung utama meliputi aspek mental aparatur pemerintah Kelurahan dalam mentality approach dan networking approach baik pada indicator kemitraan strategis, sinergitas, maupun simbiosis mutualismenya. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penghambat didominasi dari aspek mental warga dalam mentality approach dan System approach baik pada indicator regulasi, nilai budaya, maupun struktur & fungsi organisasinya

References

Bhinadi, A. (2017). Penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Deepublish.

Diatmika, I. P. G., & Rahayu, S. (2022). Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal dan Peran Pemerintah. Ahlimedia Book.

Malik, N. (2018). Dinamika Pasar Tenaga Kerja Indonesia (Vol. 1). UMMPress.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sasuwuk, C. H., Lengkong, F. D., & Palar, N. A. (2021). Implementasi Kebijakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (Blt-Dd) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sea Kabupaten Minahasa. Jap, VII(108), 78–89.

Supriatna, T. (2000). Strategi pembangunan dan kemiskinan. Rineka Cipta.

Teguh Imam Rahayu, A. G. (2020). Implementasi pengunaan DD dalam pencegahan covid-19. 1(21), 144–166.

TNP2K, L. D. F. E. B. (2020). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Wahyu, A. P., & Hidayat, T. (2022). SISTEM INFORMASI JEJARING SOSIAL DAN FORUM DISKUSI BERBASIS PHP: SISTEM INFORMASI JEJARING SOSIAL DAN FORUM DISKUSI BERBASIS PHP. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan (JITTER), 8(2).

YESIKA, I. (2021). PEMBERDAYAAN ANGGOTA PKK DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA TANJUNG ANOM KECAMATAN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

PlumX Metrics

Published

2024-05-28

Issue

Section

Articles