PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING DAN LEGALITAS USAHA UNTUK MENINGKATKAN KUANTITAS PENJUALAN UMKM
DOI:
https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3331Keywords:
Digital Marketing, Legalitas UsahaAbstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk UMKM melalui pendampingan digital marketing dan dan pendampingan pada aspek legalitas usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah PAR (Participatory Action Research), PAR memiliki tiga kata yang selalu berhubungan satu sama lain yaitu partisipasi, riset, dan aksi. Semua riset harus di implementasikan dalam aksi. Riset berbasis PAR di rancang untuk mengkaji sesuatu dalam rangka merubah dan melakukan perbaikan terhadapnya. Hasil pendampingan kegiatan ini menyimpulkan bahwa pendampingan pada aspek digital marketing dilakukan desgin logo dan packaging serta mengarahkan pelaku usaha untuk bergabung pada komunitas UMKM. Pendampingan pada aspek legalitas usaha dilakukan dengan memberikan fasilitiasi dan pengarahan mengenai persyaratan dalam mengurus legalitas usaha yang harus dimiliki oleh pelaku usaha. Pendampingan ini memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas produk dan kuantitas penjualan produk UMKM Kripik Sakkom.
References
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah
Daspar, D., Hartati, N., Huda, M., & Saputri, W. (2020). Pelatihan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Pembuatan Produk Kerupuk Lele “Kruleâ€. JURNAL PENGABDIAN PELITA BANGSA, 1(02), 73-77.
Muhdar, H. M. (2015). Potret Ketenagakerjaan, Pengangguran, Dankemiskinandi Indonesia: Masalah Dan Solusi. Al-Buhuts, 11(1), 42-66.
Turkamun, T., Darmawan, D., Bathni, I., Junaedi, E., & Hadi, A. S. (2021). Membangun Ekonomi Kreatif Melalui Ukm Go Export Penyuluhan Kepada Peserta Umkm Galeri Etnik Nusantara Gensa Tangerang Selatan. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1537-1546).
Harefa, M. (2017). Masalah dan Tantangan Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat di Propinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah. Kajian, 20(4), 343-366.
Ghozali, M., & Haqq, A. A. (2018). Program Participatory Action Research Melalui Pendekatan Dakwah Bil Hal. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 9(2), 115-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Joko Hadi Susilo, Ayu Eliana, Eka Yuliana Putri, Adelia Putri Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).