DIGITALISASI PEMASARAN DAN SISTEM KEUANGAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA COCONUT OIL KEDIRI

Authors

  • Mohammad Isa Irawan Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Imam Mukhlash Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Meme Rukmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kadiri
  • Hendy Fakultas Teknik, Universitas Kadiri
  • Nurul Hidayat Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Alvida Mustika Rukmi Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Mohammad Iqbal Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Rasyadan Taufiq Probojati Fakultas Pertanian, Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v8i1.6045

Keywords:

Sistem keuangan terkomputerisasi, Marketplace, Digital Marketing, Minyak Kelapa

Abstract

Industri rumah tangga (IRT) minyak kelapa d’Hayfa Sukses Berkah memproduksi minyak kelapa murni Abila. Minyak kelapa yang dihasilkan memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan minyak kelapa yang dihasilkan industri besar. Beberapa kendala usaha yang dihadapi diantaranya sistem keuangan usaha yang belum tertata dan minimnya pemahaman pemilik dan staf dalam membuat laporan keuangan membuat usaha ini sulit berkembang. Tercampurnya keuangan usaha dan rumah tangga juga menjadi kendala internal. Selain memproduksi minya kelapa murni, dHayfa Sukses Berkah juga memiliki produk-produk turunan berbahan dasar minyak kelapa yang belum banyak diketahui masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikembangkan sebuah sistem keuangan terkomputerisasi dan pemasaran digital bagi produk minyak kelapa Abila dan produk turunannya. Perkembangan sistem keuangan terkomputerisasi menunjukkan dampak positif dalam pengelolaan mitra. Pemanfaatan marketplace menunjukkan potensi dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

References

1

Downloads

PlumX Metrics

Published

12/08/2024

How to Cite

Irawan, M. I., Mukhlash, I., Rukmini, M., Hendy, Hidayat, N., Rukmi, A. M., Iqbal, M., & Probojati, R. T. (2024). DIGITALISASI PEMASARAN DAN SISTEM KEUANGAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA COCONUT OIL KEDIRI. Jurnal Abdi Masyarakat, 8(1). https://doi.org/10.30737/jaim.v8i1.6045