EDUKASI DAN PEMBERIAN MINDFULL BREATHING EXERCISE UNTUK MENGATASI DEPRESI PADA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA BARAT SURAKARTA

Authors

  • Arif Pristianto Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rehning Puji Hastuti Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fitrotul Auliya Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Tessya Hadika Novitasari Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bernadine Felicia Isdya Putri Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Cikiesa Ilham Faiz Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3332

Keywords:

edukasi, mindfull breathing exercise, depresi.

Abstract

Depresi adalah keadaan suasana hati yang rendah dan keengganan untuk beraktivitas atau apatis yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, perilaku dan rasa sejahtera seseorang. Remaja yang memiliki gejala depresi, biasanya mengeluhkan rasa tidak tenang, cemas, menurunnya kemampuan berkonsentrasi, dan mengalami gangguan tidur. Oleh karena itu, diperlukan edukasi dan pemberian intervensi berupa Mindfull Breathing Exercise yang bertujuan untuk memberikan informasi dalam upaya mengatasi gangguan depresi pada remaja. Hasilnya dapat dilakukan pengukuran menggunakan Analisis Keparahan Depresi (PHQ-9) untuk mengetahui tingkat keparahan depresi pada remaja.

References

Pristianto, A., Panggabean, H., Zulfatirrohman, A. I., Hidayah, F. N., Ulayya, F. K., & Mulyawati, N. I. (2021). Education on Prevention of Physical and Psychological Problems From Study From Home During the Covid-19 Pandemic. Proceeding of The URECOL, 30-40

Ferrari, A. J., Charlson, F. J., Norman, R. E., Patten, S. B., Freedman, G., Murray, C. J., . . . Whiteford, H. A. (2013). Burden of depressive disorders by country, sex, age, and year: findings from the global burden of disease study 2010. PLoS Med, 10(11), e1001547. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1 001547

Mojtabai, Olfson, & Han (2016). National Trends in the Prevalence and Treatment of Depression in Adolescents and Young Adults. American Academy of Pediatrics, November 2016. Diunduh 7 Juni 2022 dari http://pediatrics.aappublications.org/cont ent/pediatrics/early/2016/11/10/ peds.2016-1878.full.pdf.

A, A. Q., & N, A. Q. (2017). Prevention of Depression: A Review of Literature. Journal of Depression & Anxiety, 06(04), 6–11. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000292

Kumar, K. P. S., Srivastava, S., Paswan, S., & Dutta, A. S. (2012). Depression - Symptoms , Causes , Medications and Therapies. 1(3).

Malinauskiene, V., & Malinauskas, R. (2021). Predictors of adolescent depressive symptoms. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(9). https://doi.org/10.3390/ijerph18094508

Mojtabai, R., Olfson, M., & Han, B. (2016). National trends in the prevalence and treatment of depression in adolescents and young adults. Pediatrics, 138(6). https://doi.org/10.1542/peds.2016-1878

Sukarma, W. (2018). Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 198).

Burdick, D. (2013). Mindfulness Skills Workbook For Clinicians & Clients. 1–219.

Su, H., Xiao, L., Ren, Y., Xie, H., & Sun, X. H. (2021). Effects of mindful breathing combined with sleep-inducing exercises in patients with insomnia. World journal of clinical cases, 9(29), 8740–8748. https://doi.org/10.12998/wjcc.v9.i29.8740

Downloads

PlumX Metrics

Published

11/21/2022

How to Cite

Pristianto, A., Hastuti, R. P., Auliya, F., Novitasari, T. H., Putri, B. F. I., & Faiz, C. I. (2022). EDUKASI DAN PEMBERIAN MINDFULL BREATHING EXERCISE UNTUK MENGATASI DEPRESI PADA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA BARAT SURAKARTA. Jurnal Abdi Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3332

Most read articles by the same author(s)