PKM EDUKASI KELOMPOK TERNAK MANUK AMERTHA DUSUN SEGAH DESA ASAHDUREN PEKUTATAN JEMBRANA

Authors

  • I Gusti Agus Maha Putra Sanjaya Warmadewa University
  • Ni Ketut Etty Suwitari Warmadewa University
  • I Nyoman Kaca Warmadewa University

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v5i1.2112

Keywords:

Ayam kampung super, manajemen, pakan, perkandangan, keuangan

Abstract

Manuk Amertha merupakan kelompok ternak ayam kampung (buras) yang berlokasi di Dusun Segah Desa Asahduren Pekutatan Jembrana (sekitar 75 km dari Universitas Warmadewa). Kelompok Ternak Manuk Amertha diketuai oleh Komang Ginarsa. Tujuan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para peternak di anggota Kelompok Ternak Manuk Amertha. Ayam kampung dipelihara oleh peternak dengan berbagai tujuan antara lain sebagai penghasil daging, telur, sarana upakara, mata pencaharian, dan juga hiburan. Metoda yang digunakan yaitu melalui wawancara, penyuluhan, tatap muka dan praktik langsung. Dengan metoda ini Mitra mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen pemeliharaan dan keuangan peternakan ayam kampung. Kegiatan dilaksanakan secara bertahap: tahap pertama dimulai dengan mengadakan persiapan sosialisasi yang meliputi pertemuan dengan ketua Kelompok Ternak Manuk Amertha dan didampingi oleh beberapa anggota, dalam pertemuan ini dibahas tentang topik yang akan diberikan meliputi: persiapan dengan seluruh anggota kelompok ternak, tahap berikutnya memberikan penyuluhan mengenai manajemen perkandangan, pakan, serta manajemen keuangan. Mulai diadakan pelatihan tentang pengenalan jenis kandang, cara membuat dedak padi terfermentasi sebagai pakan alternatif, pembukuan transaksi dalam buku kas, cara menghitung BEP (Break Even Point), penentuan tingkat keuntungan (Profit), serta ROI (Return on Investment) dari usaha peternakan ayam kampung yang dipelihara. Target Luaran yang ingin dicapai dalam Kegiatan PKM ini adalah mempublikasikan hasil kegiatan pada Jurnal, diseminarkan dan mempublikasikan di media masa cetak/elektronik,membuat video kegiatan, dan mempublikasikan kegiatan PKM dalam jurnal.

References

Anonimus, 2005. Profil Desa Asahduren Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana.

Badan Pusat Statistik, Provinsi Bali. 2020. Provinsi Bali Dalam Angka 2020. ISSN: 0126-2912. No. Publikasi: 03220.2007. Katalog: 1101001. Badan Pusat Statistik/BPS-Statistics Indonesia. Denpasar.

Yaman MA. 2010. Ayam kampung Unggul 6 Minggu Panen. Penebar Swadaya. Jakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

11/22/2021

How to Cite

Sanjaya, I. G. A. M. P., Suwitari, N. K. E., & Kaca, I. N. (2021). PKM EDUKASI KELOMPOK TERNAK MANUK AMERTHA DUSUN SEGAH DESA ASAHDUREN PEKUTATAN JEMBRANA. Jurnal Abdi Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30737/jaim.v5i1.2112

Most read articles by the same author(s)