PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PIZZA HUT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v4i1.1473

Keywords:

kualitas layanan, harga, promosi, loyalitas pelanggan

Abstract

Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, terkhusus di sektor bisnis restoran. Beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan antara lain adalah kualitas layanan, harga dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap loyalitas pelanggan pada Pizza Hut Cabang Salatiga. Selain itu, pengujian kembali dilakukan karena adanya ketidak konsistenan hasil penelitian sebelumnya terkait variabel promosi terhadap loyalitas, serta dilakukannya modifikasi variabel kualitas produk menjadi kualitas layanan. Data penelitian diperoleh dari 100 responden yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling menggunakan online kuesioner, dengan kriteria pernah berkunjung, bertransaksi, serta melihat promosi online dari Pizza Hut. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Namun, kualitas layanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil pengujian lebih lanjut menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada ketiga variabel tersebut terhadap loyalitas pelanggan secara simultan.

Author Biographies

Valentino Ronggo Permono, Universitas Kristen Satya Wacana

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana.

Akreditasi: A

Yusepaldo Pasharibu, Universitas Kristen Satya Wacana

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana.

Akreditasi: A

References

Aris, I. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat. Universitas Negri Yogyakarta.

Bilgies, A. F. (2016). Peran Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 82.

Bulan, T. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pt. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 592–602.

Faiz, M. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Berbelanja Online Di Olx.Co.Id (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ghaisani, R. P., Darsiharjo, & Miftah, R. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Suis Butchr Stak House Setiabudhi Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ghozali, I. (2012). Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23 (8th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss 25 (9th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 144.

Khakim, Fathoni, & Minarsih. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal Of Management, 1(1).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1). Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th Ed.). Erlangga.

Kusuma, E. C. (2018). Pengaruh Nilai Yang Diterima Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan : Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediator Dan Gender Sebagai Moderator (Studi Pada Pt. Kai Kota Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 42–50.

Liemantoro, E. C. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Pengalaman Terhadap Persepsi Nilai Pelanggan Di Pizza Hut Darmo Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala.

Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua (2nd Ed.). Salemba Empat.

Maulida, N. (2017). Studi Identifikasi Faktor Loyalitas Pelanggan Di Kfc (Kentucky Fried Chicken) Home Centra. Universitas Medan Area.

Minawati, A. R. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mursyid, G. M. (2018). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pada Pelanggan Foto Studio 26 Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Noorhayati. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Muara Teweh). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 12(1).

Oliver, R. L. (2010). Satisfaction: A Behavioral Perspective On The Consumer (2nd Ed.). Mcgraw-Hill.

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Compp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.

Rakhmat, C. A. (2011). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Starbucks Coffee). Universitas Indonesia.

Sari, C. R. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Citra Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Perigon Fitness Studio Yogyakarta. Universitas Negri Yogyakarta.

Sompa, A. T., Suwarni, E., & Gunarto, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayananji Di Kota Palembang(Studi Pada Kentucky Fried Chicken) Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Makanan Cepat Saji. Digilib. Binadarma. Ac. Id.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41–54.

Swasta, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Thungasal, C. E., & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelangga Pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1), 1–7.

Tiong, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Primagum Sejati Di Makassar. Journal Of Management & Business, 1(2), 176–204.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan Dan Penelitian (1st Ed.). Andi Offset.

Tjiptono, & Fandy. (1996). Manajemen Jasa. Andi Offset.

Tomida, M., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol 5 No 7.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-09-02

How to Cite

Permono, V. R., & Pasharibu, Y. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PIZZA HUT. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(1), 129–135. https://doi.org/10.30737/jimek.v4i1.1473