ANALISIS PENGARUH VARIABEL KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEDAI ICE CREAM GUBUK BAMBU KAB. KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.314Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan mengenai tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty apa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen untuk menganalisis faktor paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen Kedai Ice Cream Gubuk Bambu Kabupaten Kediri. Populasi dalam penelitian ini pengunjung di Kedai Ice Cream Gubuk Bambu Kabupaten Kediri. Sampel 100 menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental sampling. Berdasarkan pada hasil analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan pada penelitian ini, didapat persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,155 Xâ‚ + 0,205 Xâ‚‚ + 0,123 X₃ + 0,191 Xâ‚„ + 0,368 Xâ‚…. Analisis data statistik indikator bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.  Pengujian asumsi klasik,model regresi bebas multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Secara individu masing-masing variabel yang paling berpengaruh variabel emphaty dengan koefisien regresi sebesar 0,368, reliability koefisien regresi sebesar 0,205, assurance koefisien regresi 0,191, tangible koefisien regresi 0,155 variable yang paling rendah responsiveness koefisien regresi 0,123.Â
Kata-kata kunci : kualitas layanan, tangible, reliability, responsiveness , assurance , emphaty , kepuasan konsumen
References
Afrianti, Christiana. 2014. Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian Cabang Kediri. Kediri: Penerbit Universitas Kadiri
Asep M.Ramdan. 2008 Oktober 22. Hubungan Kualitas Jasa dan kepuasan Konsumen. (http://asep-m-ramdan.blogspot.com).
Aviliani, R dan Wilfridus, L. 1997. Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan. Usahawan, No.5
Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Freddy Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Gandung Satriyono & Desi Kristanti. (2018). Pengaruh kepuasan pasien pada kualitas layanan Rawat Inap terhadap niat Discharge Against Medical Advice ( DAMA ) ( Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Pare Kabupaten Kediri ). Ekonika, 3(2), 136–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.190
Putra, Y. P. (2014). Formulasi Strategi Bersaing Pada Universitas Kadiri Dalam Menghadapi Persaingan Antar Perguruan Tinggi Sejenis di Kota Kediri. Universitas Airlangga, Surabaya.
Yunanto, Y. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja karyawan terhadap kepuasan pasien askes di pt askes kediri. Ekonika, 1(1), 26–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.3
Hardiyati, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Argowisata Kebun Teh Pagilaran. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro
Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.
M. Nur Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nasbir, Safira Farizah. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Hair Nets. Kendari: Penerbit Universitas Halu Oleo
Rambat Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat.
S. Azwar. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sunarto. 2003. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : AMUS Jogyakarta dan CV Ngeksigondo Utama.
Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid 10 2005, h. 153165.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jimek : Jurnal Ilmiah mahsiswa Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.