Pengaruh Panic Buying, Bauran Pemasaran, Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Bratamed

Authors

  • Ida Ayu Kade Rachmawati Kusasih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v4i2.1565

Keywords:

panic buying, bauran pemasaran, citra merk, keputusan pembelian

Abstract

Hand sanitizer Bratamed sebagai salah satu dari berbagai produk dari PT. Brataco mengalami kenaikan penjualan yang signifikan pada saat terjadinya pandemi COVID-19. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian hand sanitizer Bratamed apabila ditinjau dari aspek panic buying, bauran pemasaran dan citra merek.Populasi yang dianalisis ialah mereka yang melakukan pembelian hand sanitizer Bratamed di PT. Brataco cabang Yogyakarta dengan sampel yang diambil melalui metode accidental sampling. Data sampel dikumpulkan dengan cara membagikan kuesionmer langsung. Variabel yang digunakan terdiri dari Panic Buying (X1), Bauran Pemasaran (X2), Citra Merek (X3) sebagai variabel bebas serta Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda kemudian dilanjutkan menggunakan SPSS for Windows 19.Bedasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh dari setiap aspek yaitu Panic Buying, Bauran Pemasaran serta Citra.Merek terhadap Keputusan Pembelian hand sanitizer Bratamed. 

Author Biography

Ida Ayu Kade Rachmawati Kusasih, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Manajemen

References

Alma, Buhari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariable dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Indrawan, D., dan Anindhyta Budiarti. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian App Ktm Roda Tiga. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 1, janurai 2017 e-ISSN : 2446-0593. file:///C:/Users/highrisk/Downloads/255-Article%20Text-817-1-10-20191205.pdf

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa : Bob sabran. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip & Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Nurhayati, S. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No 2 September 2017, ISSN : 2252 – 5483.

Roy, D., Tripathy, S., Kar, S. K., Sharma, N., Verma, S. K., & Kaushal, V. (2020). Study of knowledge, attitude, anxiety & perceived mental healthcare need in Indian population during COVID-19 pandemic. Asian Journal of Psychiatry. https://doi.org/10.1016/j.ajp2020.102083

Shadiqi, Abdan M., dkk. 2020. Panic Buying pada Pandemi COVID-19 :Telaah Literatur Dari Perspektif Psikologi. Jurnal Psikologi Sosial Special Edition COVID-19 Vol. 18. file:///C:/Users/highrisk/Downloads/221-JPS%20Article-1571-4-10-20200622%20(2).pdf

Shou, B., Xiong, H., & Shen, Z. M. (2011). Consumer Panic Buying and Quota Policy under Supply Disruptions.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Bandung.

Sugiyono., dan Susanto, A. 2015. SPSS & LISREL. Cetakan pertama. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Supriatna, Doni. 2017. Pengaruh Buran Pemasaran, Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Benih Cap Kapal Terbang di Jawa Barat. Jurnal Aplikasi Bisnisdan Manajemen. JABM3.3.341

Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybeline di Kot a Padang, https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh

Tjiptono, F. 2015. Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang, Jakarta.

Tombokan, F., Kawet, L., dan Uhing, Y. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Taplus BNI Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.3 Sept. Hal.552-561

Widyastuti, P. 2020. Analisis Keputusan Pembelian: Fenomena Panic Buying dan Service Convenience (Studi pada Grocery Store di DKI Jakarta). Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Yogyakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-12-28

How to Cite

Rachmawati Kusasih, I. A. K. (2021). Pengaruh Panic Buying, Bauran Pemasaran, Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Bratamed. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(2), 292–304. https://doi.org/10.30737/jimek.v4i2.1565