PENGARUH PESAN IKLAN DIGITAL TERHADAP MINAT DOWNLOAD APLIKASI MOBILE (STUDI KASUS PRODUK STARTUP APLIKASI VIDEO TELPON)

Authors

  • Erina Sovania IKPIA PERBANAS
  • Rina Ayu Vildayanti Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.30737/jimek.v4i2.1600

Keywords:

Iklan Digital, Startup Mobile Aplikasi, Minat Download

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pesan Iklan terhadap minat download untuk aplikasi mobile paling efektif dan tepat untuk produk startup yaitu aplikasi menelpon dengan menggunakan Video Tone dalam pencapaian hasil atau jumlah akuisisi download.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menganalisa data-data yang diperoleh melalui hasil pengumpulan data dilapangan. Data yang digunakan adalah data Biaya Promosi selama periode 3 bulan untuk media promosi iklan melalui Televisi, internet/digital Google Ads, dan media sosial Facebook beserta dengan hasil download yang diperoleh.   

 

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melakukan iklan untuk produk jenis teknologi aplikasi mobile di televisi tidak efektif dalam memberikan kontribusi hasil jumlah akuisisi download. Untuk media iklan lainnya seperti di media sosial yaitu Facebook, mampu memberikan kontribusi jumlah download sebesar 28,4%, dan  berdasarkan penelitian ini yang paling efektif  memberikan kontribusi jumlah hasil akuisisi  download terbanyak adalah di media internet/ digital yaitu Google Ads, dengan jumlah kontribusi yang signifikan sebesar 71,6%.

 

Dari sisi biaya per download pun diperoleh data bahwa biaya promosi yang dikeluarkan  di Google Ads adalah yang paling murah yaitu Rp3.032 per downloadnya (Cost Per Install/ CPI).

 

 

References

Asri, M. (2003). Marketing. Jakarta: Erlangga.

Boyd, W. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global (Kedua ed., Vol. II). Jakarta: Erlangga.

Kim, C., & Lim. (2015). Science Curriculum Changes STEM Education in East Asia. Switzerland: Springer International Publishing.

Kotler. (2002). Marketing Management: The Millenium Edition, Jilid I. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, & Armstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran . (&. B. A. Sindoro, Trans.) Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analisis, Planning, Implementation and Control (9th edition ed.). Prentise-Hall Inc.

Rambat, L., & Hamdhani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Swastha, B., & Irawan. (2005). Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, B., & Sukotjo, I. (2007). Pengantar Bisnis Modern (Edisi Ketiga ed., Vol. Cetakan Kesebelas). Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2002). Startegi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset.

Wibowo, F. (2007). Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book.

Jurnal:

Sumarsid & A.B. Paryanti / Journal of Applied Business and Economics (JABE) Vol. 6 No. 1 (September 2019) 1-14

Muhammad Harun Mursyid Al-Amin / UDINUS Semarang, Jurnal Manajemen Pemasaran. Maret 2013

Purnama, Narya’bani dan Setyowati Dyas Ratih. 2003. Pengaruh Iklan Televisi Menggunakan Background Musik Terhadap Recall Audience. SINERGI Kajian Bisnis dan Manajemen Vol.6 no.1, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Website:

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/indonesia-tempati-peringkatpertama-negara-teraktif-menggunakan-aplikasi-mobile)

https://badoystudio.com/aplikasi-mobile/

https://support.google.com/analytics/answer/2568874?hl=id&ref_topic=6012392

Downloads

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2021-12-28

How to Cite

Sovania, E., & Vildayanti, R. A. (2021). PENGARUH PESAN IKLAN DIGITAL TERHADAP MINAT DOWNLOAD APLIKASI MOBILE (STUDI KASUS PRODUK STARTUP APLIKASI VIDEO TELPON). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.30737/jimek.v4i2.1600