EFEKTIFITAS PENYULUHAN SADARI MENGGUNAKAN TEKNIK AUDIO VISUAL DAN LEAFLET TERHADAP KETERAMPILAN SADARI PADA SISWI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i1.4925Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan SADARI menggunakan teknik audiovisual dan leaflet terhadap keterampilan sadari pada siswi Kelas X di SMK Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental design dengan pendekatan yang digunakan yaitu pretest-posttest two group design Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswi kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 Kediri dengan sampel sebanyak 32 siswi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Instrument yang digunakan adalah rating scale/checklist. Pengolahan data diawali dengan Editing, Pengumpulan Data, Tabulating dan selanjutnya di lakukan uji statistik uji Wilcoxon dan mann whitney dengan tingkat p = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai Z_Mann Whitney diperoleh sebesar 3,480 dan nilai signifikan 0,002 (p<5%), maka dapat diketahui terdapat efektifitas penyuluhan menggunakan media audiovisual dan leaflet terhadap keterampilan SADARI pada siswi kelas X SMK Negeri 3 Kediri, dimana penyuluhan kesehatan menggunakan audio visual lebih efektif dibandingkan dengan leaflet. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswi untuk terus memperdalam pengetahuan dan pemahaman tentang SADARI dan diharapkan terus melakukan praktik SADARI di rumah dengan langkah yang benar
Kata kunci : Penyuluhan Kesehatan, Keterampilan SADARI, Audiovisual, Leaflet