Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas I-V Di SDN 2 Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu 2024
DOI:
https://doi.org/10.30737/jumakes.v6i1.6456Keywords:
Media Kartu Bergambar Tiga dimensi, Kemampuan membaca anakAbstract
Kemampuan membaca anak kelas I-V merupakan kesanggupan membaca perkata sampai
kalimat yang melambangkan bunyi bahasa, hal ini penting bagi anak sekolah untuk mengenali huruf
latin. Penyebabnya adalah anak sangat sedikit memiliki kosakata dalam sistem otak dan tidak
terbiasa berbicara. Saat menggunakan media kartu bergambar tiga dimensi anak akan menulis,
membaca perkata sampai kalimat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media kartu bergambar tiga dimensi terhadap kemampuan membaca anak usia sekolah kelas I-V Di
SDN 2 Sungai Dua.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pre experimental desain. Sampel dalam penelitian
sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling. Analisis data
menggunakan uji Wilxocon.
Hasil penelitian sebelum diberikan media kartu bergambar tiga dimensi terdapat hampir
seluruhnya (76,6%) kurang dan sesudah diberikan sebagian besar (66,7%) cukup. Penelitian ini
menggunakan uji wilxocon menunjukan nilai p-value 0,000 (<0,05) yang artinya terdapat pengaruh
media kartu bergambar tiga dimensi terhadap kemampuan membaca anak kelas I-V.
Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh penggunaan media kartu bergambar tiga
dimensi terhadap kemampuan membaca anak sekolah dasar kelas I-V Di SDN 2 Sungai Dua
kecamatan simpang empat tanah bumbu 2024. Disarankan bagi sekolah lain dapat menerapkan
media kartu bergambar tiga dimensi sebagai media pembelajaran yang dapat membantu anak
kesuitan membaca.
References
Achamd et al., (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi Secara Online Melalui Aplikasi Ajaib ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas islam Indonesia ). Skripsi.
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3298
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran (Edisi Revisi) Cetakan Ke 20. Jakarta: Rajawali Pers
Baiti, N. (2020) ‘Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak’. doi: https://dx.doi.org/10.18592/jea.v5i2.3373.
Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4290-4303.
F. Utami and K. Kowiyah, “Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Membaca Permulaan,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengembabngan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, p. 138, Oct. 2022
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107.
Halila, H., Kustiyowati, K., Jazuly, A., & Atmaja, I. W. W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Compact Disk Dan Kartu Kata Bergambar Terhadap Pengenalan Huruf Anak Tk Kartini. Journal of Education Technology and Inovation, 4(1), 32–41.
https://doi.org/10.31537/jeti.v3i1.589
Harianto, Erwin. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.” DIDAKTIKA 9, no. 1 (2020): 1–8. https://jurnaldidaktika.org/.
Hendrariahdo, (16/06/2012),Keadaan lingkungan keluarga. http://www.sabd aspace.org/ masalah kemampuan membaca berbahasa Indonesia.
IDAI. (2018a). Leaflet MP-ASI IDAI Tahun 2018. Retrieved from https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemerian makanan-pendampingair-susu-ibu-mpasi
Na'imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak . Jurnal Pelita , 4(Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Pelita). DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968
Rachmawati, R. D., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK Dalam Peningkatan Kemampuan CALISTUNG Pada Pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Di Jakarta Barat. Journal of Education Research, 4(3), 1334-1340.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 270.
Utami, Firbi., Kowiyah. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 138-146. doi: https:/ /doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5415