Hubungan Antara Menghafal AL-Qur’an Dengan Kecerdasan Kognitif Pada Santri Usia 11-18 Tahun Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurussalam Batulicin Tanah Bumbu
DOI:
https://doi.org/10.30737/jumakes.v5i1.5140Abstrak
Kecerdasan kognitif yang baik akan membuat daya ingat menjadi lebih mudah memahami Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan kognitif pada santri usia 11-18 tahun.
Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner menghafal Al-Qur’an dan kecerdasan kognitif.
Hasil penelitian menggunakan uji Spearman Rank didapatkan hasil p value = 0,004 (<0,05) yang artinya H0 di tolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan kognitif pada santri usia 11-18 tahun di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurussalam Batulicin Tanah Bumbu.
Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada responden untuk terus membaca atau mendengar secara berulang agar hafalan tidak hilang dan dapat melekat pada ingatan.
Referensi
Hermayani, S. (2019). Hubungan Penerapan Metode Muroja’ah Menghafal Al-Qur’an Dengan Kecerdasan Kognitif Siswa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mutiara Sunnah Kelurahan Kecamatan Seberang Ulu Ii Kota Palembang.Palembang: Universitas Muhamadiyah Palembang. http://repository.umpalembang.ac.id/id/eprint/7784/1/622016034_BAB%20I_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Jipisa, T. (2020). Pengaruh Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Intelektual Santri Di Yayasan Al Fida’ Kota Bengkulu. Bengkulu: Institut Agama Islam Negri (IAIN). http://repository.iainbengkulu.ac.id/6617/
Leny,M. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar, 13(1), 116-152. https://media.neliti.com/media/publications/340203-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-00d2756c.pdf
Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861
Rahmawati, D. (2020). Peningkatan Kecerdasan IESQ Santri melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari. 1(1), 49-62. https://www.researchgate.net/publication/360980619_Penin gkatan_Kecerdasan_IESQ_Santri_melalui_Pembelajaran_Tahfidzul_Qur'an
Rizky,A.N. (2020). Perbedaan Perkembangan Kognitif Santri Tahfidz Qur’an Dan Non Tahfidz Qur’an Di Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkankulon Tugu Semarang. Semarang: Universitas Islam Negri Walisongo Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13024/
Sudjiono, A. K., & Priyambodo, A. B. (2021). Hubungan motivasi menghafal al-qur’an dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa s1 Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2017. Flourishing Journal, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.17977/um070v1i12021p33-46
Susanto, H., & Muzakki, M. (2017). Perubahan Perilaku Santri (Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Salafiyah di Desa Langkap Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), . https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.361
Syahrudin, , Yusuf Abdurachman Luhulima, & , Nur Khozin. (2021). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pai Fitk Iain Ambon. 6(2), 11-38. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/ALT/article/view/2491
Wahyu Nugraha. (2019). Pemahaman Santri Terhadap Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kota Lubuk Linggau). Bengkulu: Institut Agama Islam Negri (IAIN). http://repository.iainbengkulu.ac.id/4281/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf