STRATEGI OPTIMALISASI PELAKSANAAN PENGENAAN PAJAK RUMAH KOS BERDASARKAN PERDA SURABAYA NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH

Authors

  • Nur Laily Abidah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Ika Devy Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Sapto Pramono Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i2.4538

Keywords:

Perpajakan, Rumah Kos, Peraturan Daerah, Optimalisasi Pendapatan

Abstract

Pemungutan pajak hotel, khususnya rumah kos, merupakan sumber pendapatan penting bagi pemerintah daerah. Penelitian ini mengkaji strategi optimalisasi pelaksanaan pemungutan pajak rumah kos sesuai Peraturan Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, dengan fokus khusus di Kecamatan Sukolilo. Studi ini dimulai dengan memberikan latar belakang yang komprehensif tentang pentingnya perpajakan daerah dan perannya dalam mendanai layanan kota dan inisiatif pembangunan. Penelitian ini didasarkan pada penelitian-penelitian sebelumnya di kawasan ini, dengan menyoroti tantangan dan kesenjangan yang ada dalam proses pengumpulan pajak. Dengan menganalisis penelitian sebelumnya dan data yang tersedia, penelitian ini mengidentifikasi permasalahan utama seperti rendahnya kesadaran wajib pajak, peraturan perpajakan yang rumit, dan hambatan administratif yang menghambat pengumpulan pajak yang efisien di daerah tersebut. Tujuan utama dari naskah ini adalah untuk mengusulkan strategi dan solusi yang layak untuk meningkatkan proses pengumpulan pajak. Makalah ini membahas pentingnya meningkatkan kesadaran wajib pajak melalui kampanye edukasi dan penyederhanaan peraturan perpajakan untuk memfasilitasi kepatuhan. Selain itu, program ini juga menjajaki cara-cara untuk menyederhanakan prosedur administratif guna mempercepat pengumpulan dan pemanfaatan pendapatan pajak untuk proyek-proyek pembangunan daerah

References

Fauzi, M. (2022). Analisa Kelayakan Finansial Pengembangan Usaha Kos. SEMINAR NASIONAL POTENSI DAN KEMANDIRIAN DAERAH.

Handrianingsih, T. (2018). PENGEMBANGAN RUMAH KOS DI YOGYAKARTA (Cost Leadership Strategy Analysis).

Khairiyyah, A. (2023). PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK TERHADAP RUMAH KOS DI KOTA JAMBI. Universitas Jambi.

Kusuma, M., & Wirawati, N. G. P. (2013). Analisis pengaruh penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap peningkatan PAD Sekabupaten/kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3), 574–585.

Nugroho, R. A., & Zulaikha, Z. (2012). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Tengah Satu). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah

ROSITA, N., Fuad, A., & Haris, D. M. (2014). ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAERAH PADA PAJAK HOTEL DI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KOTA CILEGON (Studi Kasus Rumah Kos Lebih Dari 10 Kamar Di Kelurahan Kotabumi). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Rossing, C. P. (2013). Tax strategy control: The case of transfer pricing tax risk management. Management Accounting Research, 24(2), 175–194.

Ruhulesin, V. I., Alexander, S. W., & Pinatik, S. (2022). Evaluasi Implementasi Peraturan Daerah No. 17 Tahun 2012 Tentang Pajak Hotel Kategori Rumah Kost di Kecamatan Kota Masohi (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah Kecamatan Kota Masohi). Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 5(2), 1019–1028.

SATRIA, R. (2020). TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 7 TAHUN 2018 TENTANG IZIN PENYELENGGARAN DAN PENATAAN RUMAH KOS (Studi Pada Rumah Kos di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Soleha, N. (2023). ANALISIS KEPATUHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN MASYARAKAT DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI TAHUN 2019-2021. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JEMBER KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Zamzami, F., Nusa, N. D., & Faiz, I. A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi. Ugm Press.

PlumX Metrics

Published

27-09-2023

How to Cite

Abidah, N. L., Sunarya, A., Roekminiati, S., Pramudiana, I. D., & Pramono, S. (2023). STRATEGI OPTIMALISASI PELAKSANAAN PENGENAAN PAJAK RUMAH KOS BERDASARKAN PERDA SURABAYA NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 7(2), 338–352. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i2.4538