PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN SIRKEL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Vonny Carnela Febri Rustandy Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya-Indonesia
  • Sri Kamariyah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya-Indonesia
  • Nihayatus Sholichah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya-Indonesia
  • Ika Devy Pramudiana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4537

Keywords:

Kualitas Pelayanan, SIRKEL, Partisipasi masyarakat

Abstract

Di era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan kemungkinan, aparatur negara dalam perannya sebagai pelayan publik menginginkan pelayanan publik yang prima dari birokrat yang dilakukan secara transparan dan bertanggung jawab dari birokrat setiap saat. Setiap organisasi sekarang harus berevolusi untuk mengikuti lanskap teknologi yang selalu berubah, terutama di bidang-bidang seperti menyediakan layanan publik berkualitas tinggi dan mengikuti perkembangan terbaru di bidang-bidang seperti teknologi informasi. Kemajuan teknologi tinggi tidak ada gunanya tanpa sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Penerapan Electronic Government merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. SIRKEL (Sistem Informasi Tanggapan Pengaduan Jalan dan Jembatan) merupakan salah satu contoh penerapan E-Government di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Lamongan. SIRKEL diimplementasikan sebagai jawaban atas tuntutan penyelenggaraan layanan yang lebih fleksibel, cepat tanggap, terbuka, dan akuntabel. Tujuan dari SIRKEL adalah untuk memudahkan warga masyarakat dalam menyampaikan keluhan terhadap jalan raya dan jembatan yang semakin rusak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan yang membatasi keterlibatan masyarakat pada layanan SIRKEL (sistem informasi tanggap keluhan jalan dan jembatan) Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini merujuk pada teori Parasuraman, Zeithml dan Berry dengan 5 dimensi kualitas pelayanan publik yaitu: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty.

References

Ainy, N. Z., & Nugroho, R. A. (2021). Responsivitas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta dalam Menangani Keluhan Masyarakat Mengenai Pelayanan Penerangan Jalan Umum. Jurnal Administrasi Publik, 12(2).

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(01), 94–99. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11

Choiriyah, I. U. (2020). Penerapan e-government melalui m-bonk di Kabupaten Sidoarjo. Publisia (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 5(2), 126–135.

Jatim.tribunnews.com. (2022). No Title.

Kuncoro, W. (2006). Studi Evaluasi Pelayanan Publik dan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum dr. Soetomo. Tugas Akhir Program Magister.

Lamongan, D. P. U. B. M. (2022). No Title.

Miles, H. (2014). Analisis Data Kualitatif, Edisi Ketiga. Indonesia University Press.

Wibowo, F. A., & Fanida, E. H. (2019). Inovasi Pengaduan Online Melalui Apalan (Aplikasi Layanan Pengaduan Pengguna Jalan) Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Gresik. Publika, 7(4).

PlumX Metrics

Published

19-04-2023

How to Cite

Rustandy, V. C. F., Kamariyah, S., Sholichah, N., & Pramudiana, I. D. (2023). PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN SIRKEL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 7(1), 183–199. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4537

Issue

Section

Articles