PENERAPAN PROGRAM PEDULI DILAN (DISABILITAS DAN LANSIA) DALAM PRESPEKTIF PUBLIC VALUE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Tri Prasetijwowati Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Fierda Nurany Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Dwi Wahyuni Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i1.6378

Keywords:

program, peduli DILAN, public value

Abstract

Program Peduli Dilan (disabilitas dan lansia) merupakan suatu inisiatif yang dirancang oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan layanan administrasi kependudukan yang inklusif dan mudah diakses bagi kelompok penyandang disabilitas dan lansia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana public value dalam program Peduli Dilan (disabilitas dan lansia) di Dispendukcapil Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan beberapa informan dan dokumentasi. Adapun informan penelitian ini meliputi sub koordinator pengelolaan data dan dokumen kependudukan, sub koordinator identitas kependudukan, kepala bidang pendaftaran penduduk,dan tim ULC Peduli Dilan Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa public value dalam program Peduli Dilan di Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo telah terciptanya nilai publik dengan menggunakan tiga (3) segitiga strategis menurut Mark Moore yaitu 1). Legitimasi dan Dukungan, 2). Kemampuan Operasional, 3). Menciptakan Nilai Publik. Terwujudnya layanan kependudukan yang adil dan memenuhi hak-hak semua masyarakat tanpa diskriminasi dalam kepemilikan identitas kependudukan. Dengan demikian, diharapkan program peduli dilan memberikan manfaat nyata bagi penyandang disabilitas dan lansia dan dapat menjadikan program yang berkelanjutan

References

BPS. (2023). Statistik Penduduk Lansia 2023. BPS 2023, 11(1), 1–14.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan). Penelitian Kualitatif.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. (2023). PPID Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Iqbal, M. (2021). Media Suara.

Irianto, H. susi ratnawati. (2022). View of Inovasi Layanan Kependudukan Dispendukcapil Melalui Program Jemput Bola Terpadu Di Kabupaten Sidoarjo.pdf.

Kemensos. (2023). Pusat Data dan Informasi. Kementrian Sosial Epublik Indonesia, 1–7.

Kuswanto, D. H. (2022). Identitas nasional di era globalisasi - Bintangpusnas Edu.

Miles, M. B. And Huberman, M. A. (2012) A. D. K. B. S. (2012). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru / Matthew B. Miles, A. Michael Huberman ; penerjemah, Tjetjep Rohendi ; pendamping, Mulyarto | OPAC Perpustakaan Nasional RI.

Nazihah, S. A., & Wahyudi, K. E. (2020). Program Jemput Bola Terpadu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 340–343.

Nurany, F., Sonia, S., Rahmadhani, C. D., Kurniawati, L., Sharmistha, N. P., Mahendra, Y. I., & Sary, I. R. (2021). Implementasi Dalam Pelaksanaan E-KTP. Jurnal Administrasi Publik Dan Pembangunan, 3(1), 22. https://doi.org/10.20527/jpp.v3i1.3826

Prasetijowati, T., Kurniawan, B. A., & Agustina, D. E. (2023). Impementasi Program Jumpa Artis ( Jemput Bola Pelayanan Gratis ) Di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 7(2), 592. https://doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.592-602

Putri, A. A., Ariany, R., & Syamsurizaldi, S. (2019). Sistem tata kelola pemerintahan nagari dalam menciptakan public value di Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(1), 102–116. https://doi.org/10.26905/PJIAP.V4I1.2432

Ratnawati, S., Syntia Julianti, I., & Ismail. (2023). Evaluasi Program Peduli Dilan (Disabilitas Dan Lanjut Usia) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. JIAN - Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.56071/jian.v7i2.664

Sholahuddin, M. (2022). Mayoritas ODGJ di Sidoarjo Berusia 20-30 Tahun. Jawa Pos.

Sidoarjo Raya.Com. (2022).

Tamimatul Hasanah, I. R. (2024). View of Penggunaan KTP Elektronik (KTP-EL) Dilihat dari Perspektif Public Value di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Tangerang.

Yuli Dwi. (2021). Public Value Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Diunit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Kabupatenboyolali.

Zudan Arif Fakrulloh, E. W. (2018). Menuju Masyarakat tertib administrasi kependudukan cempaka putih klatan.

Published

19-07-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN PROGRAM PEDULI DILAN (DISABILITAS DAN LANSIA) DALAM PRESPEKTIF PUBLIC VALUE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO. (2025). Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 9(1), 159-174. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v9i1.6378

Similar Articles

1-10 of 105

You may also start an advanced similarity search for this article.