Pengaruh Pelaksanaan Advertising Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pada BPR Artha Samudera Kediri

Authors

  • Evi Liana
  • Kartika Yuliari
  • Gandung Satriyono
  • Djunaidi Djunaidi

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v1i2.1324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah bank pada BPR Artha Samudera Kediri. Perkembangan yang demikian ini menciptakan masalah yaitu bagaimana perusahaan dapat memenangkan persaingan tersebut atau paling tidak dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dalam memasarkan produk yang mempunyai banyak pesaing, maka perusahaan akan selalu dituntut untuk berusaha sekeras mungkin agar dapat menarik konsumen. Hal ini yang menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin tajam. Sebaiknya di pihak konsumen bebas menentukan pilihan terhadap produk sejenis, maka bagi perusahaan yang ingin mendapatkan pasaran yang baik harus mampu mempertahankan posisi dalam persaingan, bagi perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan persaingan maka sulit untuk mengembangkan usahanya. Kegiatan advertising adalah kegiatan yang sangat penting yang dapat dilakukan oleh perusahaan karena kegiatan advertising dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan dan  dapat dikenal oleh konsumen. Dalam penelitian ini menitik beratkan pada promosi khususnya advertising dalam usaha meningkatkan jumlah nasabah bank. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan juga secara kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa  advertising mempunyai pengaruh dalam meningkatkan jumlah nasabah, baik nasabah tabungan, deposito maupun nasabah kredit.

References

, 2002. Azaz-azaz Marketing. Yogyakarta: Liberty.

, 2002. Management Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

, 2003. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Assauri, Sofyan. 2003. Manajemen Pemasaran. Cetakan 4. Jakarta: CV Rajawali.

Amelinda Putri, Nurlaely, H. S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.BPR ARGO CIPTA ADIGUNA PARE, 1(1), 34–49. Retrieved from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek/article/view/280/215

Gunawan, A. A., Rahayu, B., & Juwarni, D. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Perkreditan Rakyat Sarana Artha Kertosono. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 167. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.309

Dajan, Anto. 2001. Pengantar Metode Statistik. Jilid 2. Jakarta: LP3ES.

Jefkins, Frank. 2004. Periklanan. Terjemahan Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philips. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba.

Manulang, M. 2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta Timur: Ghalia Indah Indonesia.

Nitisemito, Alex S. 2003. Marketing. Cetakan 6. Jakarta Timur: Ghalia.

Sigit, Soehardi. 2002. Pemasaran Praktis. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE UGM.

Siswanto, Sutojo. 2002. Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Jakarta: Media.

Sukarno, K. 2001. Dasar-dasar Management, Jakarta: Media.

Surachmad, Winarno. 2003. Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito.

Swasta DH, Basu. 2002. Azaz-azaz Marketing. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Andi

Undang-undang Perbankan No 10 Tahun 2004. Perbankan. Edisi Kedua. Jakarta: Sinar Grafika.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-11-30

How to Cite

Liana, E., Yuliari, K., Satriyono, G., & Djunaidi, D. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Advertising Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pada BPR Artha Samudera Kediri. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 35–54. https://doi.org/10.30737/risk.v1i2.1324

Issue

Section

Articles