Pengaruh Iklan Media Elektronik Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Study Kasus Pengguna Traveloka Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk)
DOI:
https://doi.org/10.30737/risk.v2i1.1807Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh. iklan media elektronik dan word of wouth terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pengguna traveloka mahasiswa STIE Nganjuk) Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda pada 125 responden mahasiswa STIE Nganjuk pengguna Traveloka. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan spss versi 23.Teknik sampling yang dipakai adalah purposive sampling dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan korelasi antar skor, uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel iklan media elektronik(X1) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Traveloka (Y) dan variabel iklan word of mouth (X2) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Traveloka (Y). Hasil penelitian uji F (simultan) menunjukkan hasil bahwa iklan media elektronik dan word of mouth secara keseluruhan berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusuan pembelian Traveloka (Y).References
Abdussalam, Nuzula. 2018. Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat.
Aisyah, Nur. 2018. Pengaruh Fasilitas, Kualitas Layanan, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Noars Rafting.
Arifin, Adyatma. 2012. Pengaruh Periklanan TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent.
Dewi, Veronica Puspa. 2014. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian.
Febrianto, Deki. 2017. Komparasi Pengaruh Efektifitas Media Iklan (Media Cetak, Media Elektronik) dan Publisitas Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Herdanu, M Refky. 2017. Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Pada Produk Susu Anlene.
Ima, Nur. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Komunikasi Word-Of-Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.
Joemenap, Michael. 2011. Pengaruh Celebrity Endorse, Percieved Product Quality, Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Susu Bubuk Berkalsium Anlene.
Kumala, Octaviantika Benazir. 2012. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Tune Hotels.
Kurnia, Dita. 2013. Pengaruh Iklan dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Mahasiswa Negeri Padang Atas Hartu Perdana IM3.
Luthfi, Moh. Hasan. 2017. Analisis Pengaruh Iklan, persepsi Harga, dan Kualitas Produk Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Manalu, Rosmery Tiara Marini.2016 Pengaruh Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Baby Shop.
Mukholidah, Septi Isnania. 2018. Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth Pada Keputusan Pembelian.
Nursari, Nenden Tresna. 2018. Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah.
Priyono. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda CBR150R.
Putra, Hening Ary dan Suyono. 2014. Pengaruh Iklan Online Melalui Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian.
Radamuri, Grace Y.D, Naili Farida, dan Reni Shinta Dewi. 2013. Pengaruh Citra Merek Word of Mouth, dan Iklan Terhadap Keputusan Perpindahan Merk.
Rahmawati, Happy. 2017. Pengaruh Word of Mouth, Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa.
Ruhamak, M Dian, & Rahayu, B. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), 188–204. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/14/18
Ruhamak, Muhammad Dian, & Syai’dah, E. H. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 14. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/38
Siagian, Immanuel Fernando. 2017. Pengaruh Iklan dan Ctra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy.
Sumarno, Erick Devry. 2011. Pengaruh Iklan dan Citra Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy.
Supratman, Luki Subiyanto. 2016. Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Rotten Cianjur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tiya Saragina Pamuleh, Gandung Satriyono, Endang Triwidyati, Budi Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).