Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Dan Hubungannya Dengan Loyalitas Pelanggan Pada Supermarket Xx

Authors

  • Bayu Nurbiyanto
  • Enni Sustiyatik
  • Nur Laely

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v2i1.1752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari variabel bauran pemasaran retail meliputi  lokasi, prosedur operasi, produk yang ditawarkan, harga, suasana toko, pelayanan konsumen dan media promosi serta  hubungan dengan loyalitas pelanggan terhadap keputusan pembelian di Supermarket XX.  Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 200 responden sebagai pelanggan. Metode olah data menggunakan regresi linier berganda dan uji moderasi. Hasil penelitian ini menyatakan  pengaruh parsial meliputi lokasi, harga dan media promosi. Sedangkan yang tidak berpengaruh parsial meliputi prosedur operasi, produk yang ditawarkan, suasana toko dan pelayanan konsumen.  Tetapi, variabel tersebut dinyatakan simultan terhadap keputusan pembelian dan  memiliki hubungan kuat sebesar 93,2% saat dihubungkan dengan loyalitas pelanggan. Dengan demikian,  bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menambah variabel loyalitas pelanggan.

References

A, F., Zulfah, & S, L. (2014). Penerapan Pengendalian Kualitas Statistik Sebagai Perangkat Program Penurunan Biaya Pada Proses Produksi di PT. Barata Indonesia Tegal. Prosiding SNST Ke-7 Tahun 2016 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang 7, 1–6.

Abi, Y. I. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KFC DI KOTA BENGKULU. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen Volume, 15(1), 95–107.

Ahmaddien, I., & Widati, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian terhadap Loyalitas Pelanggan Go Food melalui Variabel Kepuasan. Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 19, 1–68.

Anggoro, B. (2013). Impact of Service Quality, Product Quality and Price on Customer Satisfaction. 1(4), 1491–1498. http://118.97.187.12/pustaka/files/17726/jurnal/the-impact-of-service-quality-product-quality-and-price-on-customer-satisfaction.pdf

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press. https://books.google.co.id/books?id=ltq0DwAAQBAJ

Arifianti, R., & Raharja, S. J. (2018). Retail Mix Analysis From Consumer Perspective: Study on Three Minimarkets in Bandung City. AdBispreneur, 3(2), 111–121.

Artha, T., & Sardi, S. (2020). Pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Forum Ekonomi, 22(1), 105–113.

Aryanto, R., Susanto, S., & Stefenny, L. S. (2012). Dampak Loyalitas dari Keputusan Konsumen Disebabkan Pelayanan dan Promosi pada Usaha Gimnastik. The Winners, 10(2), 148. https://doi.org/10.21512/tw.v10i2.709

Astuti, R., Silalahi, R. L. R., & Wijaya, G. D. P. (2015). Marketing Strategy Based on Marketing Mix Influence on Purchasing Decisions of Malang Apples Consumers at Giant Olympic Garden Mall (MOG), Malang City, East Java Province, Indonesia. Agriculture and Agricultural Science Procedia, 3, 67–71. https://doi.org/10.1016/j.aaspro.2015.01.015

Chadwick, C., & Piartrini, P. S. (2019). Product Quality, Convenience and Brand Loyalty: A Case Study of SilverQueen’s Adolescent Consumers. 12th International Conference on Business and Management Research (ICBMR 2018), 72, 111–115. https://doi.org/10.2991/icbmr-18.2019.19

Dachi, A. (2020). Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan : Studi Pengguna Mobil Toyota Calya di Kota Bogor dan Bekasi. JSHP, 4(2), 120–129.

Dwi, I. K. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan (Studi pada Bengkel Ahass 0002-Astra Motor Siliwangi Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis., 1, p37-45.

Dwikesumasari, P. R., & Ervianty, R. M. (2017). Customer Loyalty Analysis of Online Travel Agency App with Customer Satisfaction as A Mediation Variable. International Conference of Organizational Innovation (ICOI 2017), 131, 104–108. https://doi.org/10.2991/icoi-17.2017.18

Faizul, A. (2011). PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN RITEL TERHADAP KEPUASAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PLAZA MEDAN FAIR DI MEDAN.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hashim, N., & Hamzah, M. I. (2014). 7P’s: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 155–159. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.019

Herawati, A., Pradhanawati, A., & Dewi, R. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Alfamart Di Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 103274.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 143–158.

Hidayat, A. (2017). Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel. Statistikian.

Hua, A. K. (2016). Pengenalan Rangkakerja Metodologi dalam Kajian Penyelidikan : Satu Kajian Kes Abstrak Introduction to Metodology Framework in Research Study : A Case Study Abstract Pengenalan. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities. https://doi.org/10.1016/j.ejcts.2008.03.009

Indrasari, L. (2017). Analisis Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Kasus pada Indomaret Bandar Kediri). JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 47. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.71

Indriyani, N. (2015). Konsep perencanaan dan perancangan pusat perbelanjaan dan rekreasi di Surakarta. In Tugas Akhir Arsitektur. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–8.

Jackson, N. (2013). Promoting and marketing events: Theory and practice. In Promoting and Marketing Events: Theory and Practice (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203583166

Kanagal, N. B. (2013). Conceptualization of perceived value pricing in strategic marketing. Journal of Management & Marketing Research, 12(2), 1–17. http://www.aabri.com/manuscripts/121280.pdf

Kartikasari, D. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Komari, A., Indrasari, L. D., Tripariyanto, A. Y., & Rahayuningsih, S. (2020). Analysis of SWOT Marketing Strategies and 7P Influence on Purchasing Decision. Journal of Physics: Conference Series, 1569(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032002

Komari, Ana, Indrasari, L. D., Pariyanto, A. Y. T., & Santoso, H. B. (2020). The Effect of Marketing Mix 4P Towards Marketing Product Performance Of Tenun Ikat Small Industry In Bandar Kediri. Proceedings of the 3rd International Conference on Social Sciences, 805–809. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201014.173

Komari, Ana, Laely, N., & Panjaitan, H. (2017). Marketing Performance Analysis by Customer Relationship Marketing , Market Orientation , and The Image of Islamic Banks in Kediri , East Java , Indonesia. 6(3), 1–9.

Komari, Ana, Sularso, A., & Sumiati. (2019). Influence of Marketing Mix against Marketing Performance Through the Orientation of the Batik Small Industry Market In East Java. International Journal of Business and Management Invention, 8(4).

Kotler, P. (2012). Marketing Management Volume 1. Erlangga.

Kotler, Philip. (2012). Kotler On Marketing. In Kotler On Marketing.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2019). Marketing Management (K. L. Keller (ed.); 15th ed.). Pearson Education Limited. https://books.google.co.id/books?id=_-2hDwAAQBAJ

Kurniawan, I., Wahab, Z., & Nailis, W. (2016). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 13(1), 27–40.

Kushwaha, G. S., & Agrawal, S. R. (2015). An Indian customer surrounding 7P[U+05F3]s of service marketing. Journal of Retailing and Consumer Services. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.10.006

Kusumawati, R. D., Oswari, T., Utomo, R. B., & Kumar, V. (2014). The influence of 7P’s of marketing mix on buying intention of music product in Indonesia. Procedia Engineering, 97, 1765–1771. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2014.12.328

Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(2), 61–74.

Ma’ruf, I. K. (2013). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN RITEL YANG MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BRAVO SWALAYAN TUBAN. UNIVERSITAS BRAWIJAYA.

Marliya, N. M., & Wahyono. (2016). Membangun Consumer Loyalty Melalui Social Media. Management Analysis Journal, 5(3), 203–215. http://maj.unnes.ac.id

Megawati, Y. (2014). PERTUMBUHAN MINI MARKET SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PASAR MODERN. Universitas Bunda Mulia, 9–12.

Mei, N. A. M. (2012). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Suplemen Impor dari USA di Kabupaten Bantul Akademi Manajemen Administrasi (AMA). Jbma, I(1), 37–53.

Nugroho et al. (2019). Promotions on Purchasing Decisions Mediated in Purchase Motivation. Journal of Applied Management, 17(1), 153–161.

Oke, A. O., Kamolshotiros, P., Popoola, O. Y., Ajagbe, M. A., & Olujobi, O. J. (2016). Consumer behavior towards decision making and loyalty to particular brands. International Review of Management and Marketing, 6(4), 43–52.

Pambudi, A. R. (2019). Analisa Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Behavior Intention Pada Aplikasi Digital Payment OVO. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(2), 1–10.

Pantano, E., & Priporas, C. V. (2016). The effect of mobile retailing on consumers’ purchasing experiences: A dynamic perspective. Computers in Human Behavior, 61, 548–555. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.071

Pemani, P. O. S., Massie, J. D. D., & Tielung, M. V. J. (2017). THE EFFECT OF PERSONAL FACTORS ON CONSUMER PURCHASE DECISION ( Case Study : Everbest Shoes ). Jurnal EMBA, 5(1), 68–77.

Perrey, J., & Spillecke, D. (2015). Retail Marketing and Branding. In Retail Marketing and Branding (1st ed.). John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781119207900.ch8

Preuss, C. (2013). Retail Marketing and Sales Performance: A Definitive Guide to Optimizing Service Quality and Sales Effectiveness. In Springer Gabler (Vol. 53, Issue 9). Springer Gabler.

Purcarea, V. L., Gheorghe, I.-R., & Gheorghe, C.-M. (2015). Uncovering the Online Marketing Mix Communication for Health Care Services. Procedia Economics and Finance, 26(15), 1020–1025. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00925-9

Putranto, O. D. (2016). PENGARUH BAURAN PEMASARAN RETAIL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LENMARC MALL SURABAYA. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

Putri, A. R., & Ruswanti, E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Konsumen Nesco Multicheck Di Pt Hafidz Medika , Jakarta Pusat ). Jurnal Inovasi, 12(2), 104.

Pyzdek, T., & Keller, P. (2016). The Handbook for Quality Management. In Judy Bass (Ed.), Mc Graw Hill (2nd ed., Vol. 7, Issue 2). Mc Graw-Hill.

Rasmansyah. (2017). The effect of service quality and promotion to customer satisfaction and implication of customer loyalty in vehicle financing company in Jakarta Indonesia. International Journal of Advanced Scientific Research, 2(6), 22–30.

Rejeki, D. S., D.H., A. F., & Yulianto, E. (2015). PENGARUH GREEN MARKETING PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal Plaza, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(1), 86230.

Retnawati, H. (2015). The Comparison of The Accuracy of Likert Scale. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Rismayanti, R. (2016). THE ANALYSIS OF DECISION-MAKING PROCESS WITH 7P (A Quantitative-Descriptive Research of The Consumers of Happy Puppy Seturan Yogyakarta and Hello FKTV Yogyakarta). The 3rd International Conference on Corporate and Marketing Communication, 1–17.

Rompas, C. A., Lengkong, V. P. K., & Karuntu, M. M. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Pada Pt. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Martadinata Manado. 3Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi, 5(3), 4505–4514.

Rompis, R. R. (2015). Analysis Comparison of the 7P ’ S Elemments or Consumer Purchasing Decision Between Aqua and Ake Mineral Water in Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 550–559.

Rusham, R. (2017). Analisis Dampak Pertumbuhan Pasar Moderen terhadap Eksistensi Pasar Tradisional di Kabupaten Bekasi. Optimal: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam “45†Bekasi, 10(2), 153–166.

Sabine, B. (2015). Creating Value in Retail Buyer-Vendor Relationships: A Service-Centered Model. Industrial Marketing Management, 44, 166.

Safarudin, A., Kusdibyo, L., Senalasari, W., & Kunci, K. (2020). Faktor-Faktor Pembentuk Loyalitas Generasi Z dalam Menggunakan Financial Technology E-wallet. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 26–27.

Saidani, B., & R Sudiarditha, I. K. (2019). Marketing Mix-7Ps: The Effect on Customer Satisfaction. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 7(1), 72–86. https://doi.org/10.21009/jpeb.007.1.7

Salamadian. (2020). Definisi Sampel Penelitian. Salamadian.

Sofyan dkk. (2013). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas , melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–12.

Suhendro, D. (2019). JKBM The Influence of Marketing Mix ( 4P ) on Consumer Loyalty on Indomaret and Alfamart Mini market in Pematangsiantar City. JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN, 5(2), 206–220.

Sundaram, V., Ramkumar, D., & Shankar, P. (2017). Impact of E-Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty Empirical Study in India Online Business Marketing Department , Government Sector of India Government Arts College , Paramakudi Indira Colleges of Engineering & Management , Pune. 21(1), 48–69.

Suryaningsih, Pahlevi, C., & Nohong, M. (2019). Analysis Effect of 7P Marketing Mix on Consumer Purchase Decisions Case Study in Britania Educational Institutions. International Journal of Advanced Research, 7(5), 1049–1053. https://doi.org/10.21474/ijar01/9134

Ulus, A. A. (2013). BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL MANADO. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Utami, H. N., Fauzi, I., & Firdaus, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica.

Vitridzky, S., & Wahyuni, I. I. (2018). Strategi Bauran Pemasaran 99Ers 100.0 Fm Dalam Mempertahankan Rating Top Radio Remaja. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1(2), 142. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11826

Wijayanto, B., Endang, A., & L., S. (2013). Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Loyalitas Konsumen Di Supermarket Sri Ratu Peterongan. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zhang, R. (2016). The research on the relationship between consumer attitudes and loyalty index:Degree of Satisfaction is Mediator Variable. International Conference on Computer and Information Technology Application (ICCITA 2016) The, Iccita, 198–204. https://doi.org/10.2991/iccita-16.2016.36

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-05-31

How to Cite

Nurbiyanto, B., Sustiyatik, E., & Laely, N. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Dan Hubungannya Dengan Loyalitas Pelanggan Pada Supermarket Xx. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 54–86. https://doi.org/10.30737/risk.v2i1.1752

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)