Pengaruh Kemudahan, Kegunaan, Kepercayaan dan Faktor Risiko Penggunaan Financial Technology dalam Proses Bisnis UMKM Bidang Fashion di Kota Kediri

Authors

  • Angga Rizka Lidiawan
  • Nur Laely
  • Rian Dimas Nugroho
  • Nita Ayu Chandra

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v2i1.1749

Abstract

Sistem pembayaran menggunakan financial technology (fintech), seperti penggunaan OVO, GoPay, Link Aja, ShopeePay dan lain-lain saat ini menjadi sebuah kebiasaan baru bagi konsumen. Kemudahan transaksi menggunakan fintech ini memiliki empat aspek dalam technology acceptance model (TAM), di antaranya adalah kemudahan, kegunaan, kepercayaan dan factor risiko. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pengaruh empat aspek TAM ini terhadap proses bisnis usaha di bidang fasion, khususnya pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan 200 pemilik UMKM di bidang fashion di kota Kediri dan menggunakan methode survey untuk mengetahui keempat pengaruh TAM fintech pada proses bisnis mereka. Metode yang digunakan adalah multiple linear regresi dengan meneliti pengaruh keempat aspek acceptance model fintech pada UMKM mereka secara persial maupun secara simultan. Secara parsial aspek Perceived Ease Of Use (X1) bernilai 4,023 dan signifikan 0,000, Perceived Of Usefulness (X2) bernilai 2,229 dan signifikan 0,047, Perceived Of Trust (X3) bernilai 3,774 dan signifikan 0,000, Perceived Of Risk (X4) bernilai 7,894 dan signifikan 0,000 dinyatakan hipotesis diterima, sedangkan secara simultan bernilai 26,546 dan signifikan 0,000 dinyatakn hipotesis diterima dan keberhasilan parameter sebesar 52%.

References

Achmad, F. I., Rispianda, & Liansari, G. P. (2016). Business Process Improvement Untuk Proses Penjualan , Produksi Dan Pembelian di CV. Cahaya Abadi Teknik. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 4(01), 382–393.

Adekunle, P. A., & Tella, A. (2013). Nigeria SMEs Participation in Electronic Economy: Problems and the Way Forward. Journal of Internet Banking and Commerce, 18(2–11), 10. http://eprints.utm.my/8136/

Agustian, W., & Syafari, R. (2014). Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014 (SEMANTIK 2014), 20–25.

Alamri, F., & Arif, W. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) sebagai Solusi Atas Minat Penggunaan Layanan E-Registration Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Profesi I, 10(2), 89–99.

Aliyah, M. (2016). Pengaruh Layanan Keuangan Berbasis Teknologi (Fintech) terhadap Literasi Keuangan Masyarakat Dago Atas, Bandung. Prosiding Manajemen, 7(1), 649–656.

Bastian, A. A. P. (2020). PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS UMKM MELALUI VARIABEL INTERVENING KEPUASAN KONSUMEN. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Candra, S., Nuruttarwiyah, F., & Hapsari, I. H. (2020). Revisited the Technology Acceptance Model with E-Trust for Peer-to-Peer Lending in Indonesia (Perspective from Fintech Users). International Journal of Technology, 11(4), 710–721. https://doi.org/10.14716/ijtech.v11i4.4032

Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025

Eze, S. C., Awa, H. O., Chinedu-Eze, V. C. A., & Bello, A. O. (2021). Demographic determinants of mobile marketing technology adoption by small and medium enterprises (SMEs) in Ekiti State, Nigeria. Humanities and Social Sciences Communications, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-021-00762-5

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasniaty, Asran, & Basmar, E. (2019). Marketing Performance In Improving Competitive Advantages Of Macro Business South Sulawesi Province. Advances in Economics, Business and Management Research, 75, 250–254. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.33

Heryana, A. (2015). Kerangka Teori, Kerangka Konsep, Variabel Penelitian, Dan Hipotesis Penelitian (Dalam Penelitian Kuantitatif). Metodologi Penelitian.

Hidayat, A. (2017). Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel. Statistikian.

Hossain, M. (2015). A review of literature on open innovation in small and medium-sized enterprises. Journal of Global Entrepreneurship Research, 5(1), 0–12. https://doi.org/10.1186/s40497-015-0022-y

Ibrahim, N., & Verliyantina. (2012). The Model of Crowdfunding to Support Small and Micro Businesses in Indonesia Through a Web-based Platform. Procedia Economics and Finance, 4, 390–397. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00353-x

Irso. (2020). Dirjen PPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital. Kominfo.Go.Id.

Jazuli, M., Samanhudi, D., & Handoyo. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dengan Servqual dan Importance Performance Analysis di PT. XYZ. Juminten: Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 01(01), 67–75.

Karim, M., Salman, D., Genisa, J., & Rahmadanih. (2020). Competitiveness and SMEs production sustainability through the cleaner production (case study: SMEs of fish processing unit in Pinrang Regency, Indonesia). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 473(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1755-1315/473/1/012019

Khiewngamdee, C., & Yan, H. D. (2019). The role of Fintech e-payment on APEC economic development. Journal of Physics: Conference Series, 1324(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1324/1/012099

Komari, A., Indrasari, L. D., Tripariyanto, A. Y., & Rahayuningsih, S. (2020). Analysis of SWOT Marketing Strategies and 7P Influence on Purchasing Decision. Journal of Physics: Conference Series, 1569(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032002

Komari, Ana, Sularso, A., & Sumiato. (2019). Influence of Marketing Mix against Marketing Performance Through the Orientation of the Batik Small Industry Market In East Java. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 8(04), 13.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=OYjntgAACAAJ

Kushwaha, G. S., & Agrawal, S. R. (2015). An Indian customer surrounding 7P[U+05F3]s of service marketing. Journal of Retailing and Consumer Services. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.10.006

Laely, N. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil “Industri Makanan di Jawa Timur.â€

Laely, N., Djunaedi, Vitasmoro, P., Rosita, D., & Rahmat, A. (2021). THE ANALYSIS OF MARKETING STRATEGIES TO MARKET ORIENTATION TO INCREASE MARKETING PERFORMANCE OF LEATHER CRAFTER SME IN. INTERNATIONAL JOURNAL OF INNOVATIONS IN ENGINEERING RESEARCH AND TECHNOLOGY, 8(1), 14–21.

Laely, N., & Rosita, D. (2020). Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan : Studi Konsumen McDonald ’ s Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 05(05), 2.

Londhe, B. R. (2014). Marketing Mix for Next Generation Marketing. Procedia Economics and Finance. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(14)00201-9

Marini, M., Linawati, L., & Putra, R. E. (2020). Peran Fintech terhadap Inklusi Keuangan pada UMKM Tangerang Selatan. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 5(2), 91. https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v5i2.y2020.p91-104

Nurlaely, Sularso, A., & Panjaitan, H. (2019). Influence of Customer Relationship Management and Product Innovation on Market Orientation, Competitive Advantage in Improving the Marketing Performance of Food Industry Small Businesses In East Java. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 8(04), 13.

OJK. (2021). Penyelenggara Fintech Lending Terdaftar dan Berizin di OJK per 30 Maret 2021. Www.Ojk.Go.Id.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Dengan SPSS. In Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS.

Purwaningsih, R., & Kusuma Damar, P. (2015). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang). E-Journal Undip.

Putri, A. R. T., Priyandari, Y., & Liquiddanu, E. (2019). Design of E-commerce Competency Improvement Program for Batik SMEs in Surakarta. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 598(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/598/1/012067

Putritama, A. (2019). The Mobile Payment Fintech Continuance Usage Intention in Indonesia. Jurnal Economia, 15(2), 243–258. https://doi.org/10.21831/economia.v15i2.26403

Rizal, M., Maulina, E., & Kostini, N. (2018). FINTECH AS ONE OF THE FINANCING SOLUTIONS FOR SMEs. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 89–100.

Santika, I. W., & Yadnya, I. P. (2017). Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Penggunaan E-Commerce Pada Ukm Kerajinan Di Gianyar. Prosiding Seminar Nasional AIMI, 2015, 255–264.

Sijabat, Y. ., Hutajulu, D. M., & Sihombing, P. (2017). Determinasi Technology Acceptance Model Terhadap Niat Penggunaan Fintech Sebagai Alat Pembayaran (Payment). Prosiding SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS, 151–166.

Singh, S., Sahni, M. M., & Kovid, R. K. (2020). What drives FinTech adoption? A multi-method evaluation using an adapted technology acceptance model. Management Decision, 58(8), 1675–1697. https://doi.org/10.1108/MD-09-2019-1318

Sudhana, P., Lukmandono, L., & Prabowo, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Impulse Buying Dengan Niche Market Sebagai Moderasi Pada Industri Jasa Pendidikan. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 8(1), 38–44. https://doi.org/10.36040/industri.v8i1.673

Sulistiyarini, S. (2012). Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) Dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1689–1699.

Suprapto, F. M. (2014). Pengaruh Persepsi Keamanan Web dan Kesesuaian Lifestyle terhadap Minat Penggunaan Internet Banking : Technology Acceptance Model yang Dimodifikasi. Universitas Brawijaya, 2(2), 1–19.

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (Tam) dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ), 3(2), 201–214.

Taherdoost, H. (2018). A review of technology acceptance and adoption models and theories. Procedia Manufacturing, 22, 960–967. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.03.137

Tobergte, D. R., & Curtis, S. (2014). Penggunaan Technology Acceptance Model dalam mengetahui tingkat Penggunaan Informasi Akuntansi pada UKM di Kota Pontianak Juanda. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(1), 111–144.

Tumbuan, W., & Senaen, Lady. (2015). Pengaruh People, Proses, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 345–356.

Utami, W., Khrisnabudi, N. G., Farida, L., Apriono, M., Utami, E. S., Sudarsih, Gumanti, T. A., & Wulandari, D. A. R. (2020). Measurement of maturity of small medium agroindustry business processes in Jember, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012031

Varga, D. (2017). FINTECH, THE NEW ERA OF FINANCIAL SERVICES. BUDAPEST MANAGEMENT REVIEW, 22–32.

Wardani, A. P. Y. K., & Darmawan, N. A. S. (2020). Peran Financial Technology pada UMKM: Peningkatan Literasi Keuangan Berbasis Payment Gateway. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 170. https://doi.org/10.23887/jiah.v10i2.25947

Yulius, H., Chitra, S., & Lily Puspa, D. (2018). Interpretasi Penetrasi Teknologi Bagi UMKM dan Implikasinya Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Seminar Nasional Sistem Informasi 2018, 1034–1042.

Yuniarti, S., & Rasyid, A. (2020). Consumer Protection in Lending Fintech Transaction in Indonesia: Opportunities and Challenges. Journal of Physics: Conference Series, 1477(5), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/5/052016

Yunus, U. (2019). A Comparison Peer to Peer Lending Platforms in Singapore and Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1235(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1235/1/012008

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-05-31

How to Cite

Lidiawan, A. R., Laely, N., Nugroho, R. D., & Chandra, N. A. (2021). Pengaruh Kemudahan, Kegunaan, Kepercayaan dan Faktor Risiko Penggunaan Financial Technology dalam Proses Bisnis UMKM Bidang Fashion di Kota Kediri. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1–26. https://doi.org/10.30737/risk.v2i1.1749

Issue

Section

Articles