Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 – 2019 Universitas Kadiri
DOI:
https://doi.org/10.30737/risk.v2i1.1803Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kepercayaan, Fasilitas Dan Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh baik secara bersama - sama maupun secara parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 – 2019 Universitas Kadiri â€. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jenjang S1 Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri yang terdaftar sebagai mahasiswa angkatan 2017 s/d 2019 yang aktif untuk tahun akademik 2020/2021 berjumlah 915 orang, jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik Proportionate Stratifed Random Sampling.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama serta mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial terdapat pengaruh kualitas kepercayaan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 – 2019 Universitas Kadiri, (2) Secara parsial terdapat pengaruh fasilitas pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 – 2019 Universitas Kadiri, (3) Secara parsial terdapat pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 – 2019 Universitas Kadiri, (4) Secara simultan terdapat pengaruh antara kepercayaan, fasilitas dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2017 – 2019 Universitas Kadiri.
References
Ambartiyasari, Geta., et al. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Fasilitas Kampus Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Kepada Loyalitas Mahasiswa Politeknik Indonesia Venezuela. Vol 8. No. 3
Anggraeni, Rheza., et al. (2020). Pengaruh Media Sosial Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Adorable Projects Cimahi Jawa Barat
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariatr Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hafifi. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Melalui Kepuasan Mahasiswa di STKIP Panca Sakti Pondok Gede. Jurnal Manajemen. FE UB. Vol 6. No.2
Heriyanto. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangeran Banten. Jurnal Vijjacariya. Vol. IV. No. 1
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson
Kumar, V., Reinzartz, W. (2012). Customer Relationship Management: Concept, Strategy, and Tools. Springer Science & Business Media
Kurbani, Adie. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah Pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika. Vol. 13. No. 4
Mulya & Oetomo. (2015). Analisis Pengaruh Service Quality Dan Product Quality Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu dan Riset
Priansa, D, J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Primayanti, Selvia. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen C&C Cupcake Bandung
Putra, Eko. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyaliatas Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol 5. No. 2. pp 91-96
Putri, Fernanda. (2019). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Berbelanja Secara Online Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Aktif Media Sosial Instagram)
Rachman, Aditya., et al. (2019). Jurnal Artikel Kualitas Pelayanan Dalam Proses Pembuatan E-KTP di TPDK DISPENDUKCAPIL Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang
Santoso, Fuji., et al. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014-2016 Universitas Islam Malang
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta
Supar, D, A., et al. (2017). peran pelanggan dalam memediasi pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan. E- Jurnal Management UNUD. Vol 6. No. 3
Tjiptono, Fandy. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset. Yogyakarta
William. et al. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA. Vol. 8. No.1
Wirawan, Adhitomo., et al. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kinerja Pustakawan Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Perpustakaan Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration. Vol. 2. No. 1
Yulianti, Luli., et al.(2015). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Android Merek Samsung. Jurnal Organisasi Dan Manajemen. Vol. 3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dea Rosita, Djunaedi Djunaedi, Nur Laely
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).