Analisis Korelasi Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Teh Botol Sosro Di Indomaret
DOI:
https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.4189Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Teh Botol Sosro di Indomaret Jl. Sersan Bahrun, Mrican Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Teh Botol Sosro di Indomaret Jl. Sersan Bahrun, Mrican Kediri. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Karena banyaknya konsumen Teh Botol Sosro yang tidak diketahui jumlahnya maka menggunakan rumus Lemeshow dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Secara simultan citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelianReferences
Fatmaningrum, Sakti Riana, Susanto, and Muinah Fadhilah. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.†Jurnal Ilmiah MEA 4 (1): 176–88.
Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.†Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5 (1): 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861.
Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).†Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7 (1): 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528.
Nuki Dian Marchiani, Wahyu Hidayat, Reni Shinta Dewi. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Merek Converse (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang).â€
Fatmaningrum, Sakti Riana, Susanto, and Muinah Fadhilah. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.†Jurnal Ilmiah MEA 4 (1): 176–88.
Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.†Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5 (1): 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861.
Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).†Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7 (1): 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528.
Nuki Dian Marchiani, Wahyu Hidayat, Reni Shinta Dewi. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Merek Converse (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang).†Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 4 (3): 1–9.
Rizky, Mochamad Arif, Rois Arifin, and M. Hufron. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Indomilk (Studi Pada Konsumen Susu Indomilk Di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan).†E – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN, 40–55.
Roisah, Riris, and Dwiza Riana. 2016. “Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen.†Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis 4 (1): 100–107. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351.
Ruhamak, Muhammad Dian, and Evi Husniati Syai’dah. 2018. “Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare).†Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 3 (2): 14. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.186.
Sastika, Widya. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website e-Commerce Traveloka.†Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016) 2016 (Sentika): 18–19.
Supangkat, Aditya Hangga. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako.†Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 6 (9): 1–19.
Supriyadi, Edi. 2018. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Statistical Proses Control (SPC) Di Pt. Surya Toto Indonesia, Tbk.†Jitmi 1 (1): 63–73.
Warasto, Hestu Nugroho. 2018. “Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur).†JURNAL SeMaRaK 1 (1): 1–12. https://doi.org/10.32493/smk.v1i1.1243.y2018.
Wibawa, Komang Agus Ardi Ary, I Ketut Kirya, and I Wayan Suwendra. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor.†E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha 4 (1): 1–8. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6701.
Widiana, I, and Tjok. Sukawati. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Pt. Unilever.†E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 5 (4): 255017.
)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Marwita Andarini, Teguh Basuki, Tutut Subianti, Yulia Priskila Widya Kristanti, Afif Nur Rahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).