PENGARUH ETOS KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP EFEKTIFITAS KINERJA ORGANISASI PADA STASIUN BESAR C KEDIRI

Saddam Nur Andika(1*), Andi Artono(2), Siti Wahyuni(3),

(1) 
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh secara parsial etos kerja terhadap efektifitas kinerja organisasi pada Stasiun Besar C Kediri, untuk mengetahui pengaruh secara parsial disiplin kerja terhadap efektifitas  kinerja organisasi Pada PT. KAI Stasiun Besar C Kediri, Untuk mengetahui pengaruh secara simultan etos kerja dan disiplin kerja terhadap efektifitas  kinerja organisasi Pada PT. KAI Stasiun Besar C Kediri, untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap efektifitas kinerja organisasi Pada PT. KAI Stasiun Besar C Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT. KAI Stasiun Besar C Kediri yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah field research yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan penelitian secara langsung terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Variabel etos kerja berpengaruh terhadap efektivitas kinerja organisasi pada Stasiun Besar C Kediri, variabel disiplin kerja berpengaruh terhadap efektivitas kinerja organisasi pada Stasiun Besar C Kediri, variabel etos kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama  berpengaruh terhadap efektivitas kinerja organisasi pada Stasiun Besar C Kediri, variabel disiplin kerja berpengaruh dominan terhadap efektivitas kinerja organisasi pada Stasiun Besar C Kediri.

Kata Kunci: Etos Kerja, Disiplin Kerja, Efektifitas Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisemito, 2002, Manajemen Personalia, Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Rahayu, B., & Ruhamak, M. D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Insentif, Remunerasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT Industri Sandang Pangan Nusantara Cilacap). EKONIKA, 2(1), 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v2i1.15

Yunanto, Y. (2017). PENGARUH KUALITIAS PEAYANAN DAN DISIPLIN KERJA ARYAWAN BIRO ADMINISTRASI UMUM TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA, 15(2), 99–104.

Duwi Priyatno, 2010, Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Jakarta: Mediakom.

Flippo B. Edwin, 2004, Manajemen Personalia, Edisi Keenam, Jilid I, alih bahasa oleh Moh.Masud, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Fathoni, Abdurrahman (1996). Organisasi dan Manajemen, Garut, Fakultas Ekonomi Universitas Garut (UNIGA).

Imam Ghozali, 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Badan. Semarang:Penerbit Universitas Diponegoro.

Kusnan (2004) meneliti dengan judul ”Analisis Sikap Iklim Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin Kerja Dalam Menentukan Efektivitas Kinerja Organisasi Di Garnisun Tetap III Surabaya.

Nasir M., (1995). Metodologi penelitian. Penerbit Eresco, Jakarta.

Muhammad Zulham (2008) judul penelitian Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinarimbum Masri, Effendi Sofian, (2005), Metode penelitian survey, LP3 Ekonomi dan Sosial, Jakarta.

Sondang Siagian. 2001. Manajemen Stratejik. Edisi keenam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Strees, R. M., 1985, Efektivitas organisasi, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2005 Statistik Non Parametik. Bandung : Al Fabeta.

Suharsimi Arikunto. 2005. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta.

Sudjana, 2005, Metode Statistika, Bandung: Penerbit Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter