PERGESERAN SIKAP DAN PERILAKU GURU TERSERTIFIKASI DI SMA NEGERI 1 PALANGKA RAYA DALAM PERSPEKTIF ILMU SOSIAL

Rinto Alexandro(1*), Abdul Rahman Azahari(2),

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangkaraya
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangkaraya
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru bukanlah bagian dari sistem kurikulum, tetapi keberhasilan pelaksanaan kurikulum akan bergantung pada kemampuan, kemauan, dan sikap profesional tenaga guru. Jika dikaitkan persyaratan profesional seorang guru yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yaitu, mampu merencanakan, mengembangkan, melaksanakan, dan menilai proses belajar secara relevan dan efektif maka seorang guru yang profesional  dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sikap dan perilaku para guru yang sudah tersertifikasi atau menjadi guru profesional. Sementara itu penelitian ini menggunakan metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan hasil penelitian adalah kompetensi profesional mengacu pada pengertian kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik/siswa memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan Standar Nasional Pendidikan. Diantaranya, (1) kode etik profesi, profesi guru merupakan pekerjaan/jabatan yang memerlukan kemampuan intelektual khusus, keahlian, dan keterampilan untuk melayani dan memberikan advis pada orang lain dengan memperoleh upah atau gaji dalam jumlah tertentu. (2) pengembangan penguasaan materi, (3) pengembangan penguasaan kompetensi mata pelajaran, (4) pengembangan materi/bahan ajar, dan (5) pengembangan diri (profesi).

Kata Kunci : Guru; Sertifikasi; Perilaku


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2012. Berita Resmi Statistik No. 33/05/Th. XV, 7 Mei 2012. Keadaan Ketenagakerjaan Pebruari 2012.

ETS. 2004. Where We Stand On Teacher Quality: An Issue Paper From ETS. Teacher Quality Series. Diunduh 1 Februari 2010 dari http://www.ets.org/Media/News_and Media /position_paper.pdf.

Goe, L. 2007. The Link between Quality and Student Outcomes: A Research Synthesis. Washington, DC:National Comprehensive Center for Teacher Quality. Diunduh 14 Agustus 2012 dari http://www. Ncctq.org/publications/LinkBetween TQ and Student Outcomes.pdf

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Rodakarya E.Mulyasa. (2007).Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslich, Mansur. 2007. KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 05 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Pribadi, Benny A. 2010. Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Pramono, T., Suwarno, S., & Widodo, S. (2020). Strategi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untuk Mencapai Program Kerja Organisasi Di Universitas Kadiri. Mediasosian, 4(1).

Rice, Jennifer. 2003. Understanding the Effectiveness of Teacher Attributes. Retrieved on November 5, 2005 from http://www.epinet.org/printer.cfm?id=1500&content_ type1&nice_namebooks_teacher. diunduh 11 September 2012

Siswandari. 2007. Kompetensi, Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum, dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Berkelanjutan - tulisan dimuat dalam Jurnal Pendidikan Dwija Wacana Jilid 8 No. 1,

Siswandari, 2007. Pengembangan Transferable Skills Mahasiswa Melalui Peningkatan Kualitas Pembelajaran Statistika Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Lulusan Pendidikan Tinggi. Laporan Penelitian Hibah Bersaing XIV Tahun II. DP3M Dikti

Soedijarto, 1993. Menuju Pendidikan nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta : Balai Pustaka.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suwarno, S., Widodo, S., Pramono, T., & Bramantyo, R. Y. (2020). Peningkatan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Kediri dalam Perspektif Ujian Nasional. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 43–50.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2005 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan.

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Uno Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v4i1.1193

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Mediasosian licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.