PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI DI PT.PERTAMINA LUBRICANT JAKARTA

Authors

  • Ilma Ghozali Universitas Airlangga, Surabaya
  • Sri Iswati Universitas Airlangga, Surabaya
  • Subagyo Adam Universitas Airlangga, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1094

Keywords:

Kompetensi, Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kinerja

Abstract

The role of humans in organizations is very important. the demands of technology and competition in the business world, therefore the competence of human resources in the organization must be optimized through competency-based training and employee development. This has a positive impact when competent human resources are able to bring personal success to improve organizational performance. Human Development in the organization provides quality and workability that will have an impact on improving organizational performance. PT. Pertamina Lubricant in welcoming the Word Class Company - 2020 prepares everything, especially the readiness of Human Resources to achieve this. Currently, training on human resources to improve competence both internally and externally in the national and international scope has begun. In addition, competency certification for PT. Pertamina Lubricant personnel by competent institutions for certain jobs in order to get recognition both nationally and internationally is also followed. In essence, this study aims to improve the professional competence of the workforce and or maintain the professional competence of the workforce to improve performance in a company that is undergoing a change in production technology from manual to modern with the same workforce, whose training is carried out internally, integrated and coordinatively. . These conditions are all still in process, but signs of improvement are being felt. This process is our current study.


Peranan manusia dalam organisasi sangat penting. tuntutan teknologi dan persaingan dunia  usaha,maka  kompetensi  sumber  daya  manusia  dalam   organisasi   harus   dapat   dioptimalkan   melalui pelatihan dan pengembangan karyawan yang berbasis kompetensi. Hal ini memberikan dampak yang positif  ketika  SDM  yang  kompeten  mampu  membawa  keberhasilan pribadinya pada peningkatan kinerja organisasi. Pengembangan manusia dalam organisasi memberikan  kualitas dan kemampuan kerja  yang akan berdampak pada peningkatan kinerja organisasi.  PT. Pertamina  Lubricant  dalam rangka  menyongsong  Word  Class  Company - 2020  mempersiapkan  segala  sesuatunya khususnya kesiapan Sumber Daya Manusia guna mancapai hal tersebut.  Saat ini training Sumber daya manusia untuk  meningkatkan  kompetensi  baik  secara  internal  maupun  eksternal  dalam  lingkup nasional maupun  internasional  sudah  mulai  dilaksanakan.   Disamping  itu sertifikasi kompetensi bagi para  personil  PT.Pertamina Lubricant  oleh Lembaga yang berkompeten untuk untuk pekerjaan-pekejaan tertentu  guna  mendapatkan  pengakuan  baik  secara  nasional  maupun  internasinal  juga   diikuti.  Intinya  penelitian  ini bertujuan untuk   meningkatkan  kompetensi  profesi  Tenaga  kerja  dan  atau  mempertahankan   kompetensi   profesi  Tenaga  kerja   untuk   meningkatkan   kinerja   dalam   suatu perusahaan  yang  sedang  mengalami   perubahan  teknologi produksi dari yang bersifat manual ke modern dengan Tenaga kerja yang sama, yang pelatihannya dilaksanakan  secara internal, integrated dan coordinative. Kondisi  ini  semua  masih  dalam   proses   namun  tanda-tanda  kearah perbaikan dirasakan semakin tampak. Proses inilah yang menjadi kajian kita saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Syafaruddin. 2001. Human Resource Management: Competitive Superior Strategy. BPFE.Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2001. Human Resource Management. Earth Script. Jakarta.

Nickson, Dennis. 2007. Human Resources Management for The Hospitality and Tourism Industries. Elsevier, Burlington.

Puwatno.&Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta. Martin dan Luthans 2010, Organizational Behavior (New York : McGraw-Hil Book Company

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. &Sagala, E.J. (22010 Manajemen Sumber Daya Manusia untuk.Perusahaan. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Rhineshmith, Gilbert.2011, Introduction to Mass Communication, Edisike Sembilan, Harrpper Rof publisher, New York.

Robbins, S.(2012). Management, 10th edition. New Jersey : Pearson Prentice Hall

Robbin P. Stephen.2012. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Edisi Kedelapan. Jakarta : Prenhallindo.

Ryllatt, Alastair, et.al, 1995. Creating Training Miracles.AIM. Australia.

S Greer, Charles R. 1995. Strategy and Human Resources: a General Managerial Perspective. New Jersey: Prentice Hall.

Spencer, N.Lyle and Spencer, M. Signe. 1993. Competence at Work: Models for Superrior Performance. John Wily & Son, Inc. New York USA

Spencer,M.Lyle and Spencer, M. Signe, 2011 Competence at Work:Models for Superrior Performance, John Wily &Son,Inc,NewYork,USA

Stoner, James A. F. & Edward Freeman, Daniel R. Gilbert, Jr. (2004). Manajemen. Edisi Indonesia, Alih Bahasa Alexander Sindoro, PT. Prehallindo, Jakarta.

Soegiono.2012, Metode Peneliian Bisnis., Gramedia Pustaka, Jakarta.

Soegiono.(2012). MetodePenelitianBisnis.Jakarta : GramediaPustakaUtama

Sangkala. 2010. Knowledge Management. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada http://johantambotoh.wordpress.com/ 2010/08/05/membangun-budaya- yang-berpusat-pada-pengetahuan/. (5 Agustus 2010)

Umar, Husein. 2010. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Umar, Husein.2012, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT. Raja GrafindoPersada, Jakarta

Von Krough, Ichiyo, serta Nonaka (2000) dan Chun Wei Choo (2006)

Wibisono, Dermawan. 2011. Panduan Penyusunan Indikator. Manajemen Kinerja Korporasi & Organisasi. Jakarta :GramediaPustakaUtama.

Wibowo, (2012), Manajemen Kinerja, Penerbit PT. Raja Grafindo, Jakarta. http://satria.anandita.net/kuliahmanajemen-pengetahuan-gratis. (31 Maret 2015) Yulk G. A. and Wexley K.N. 2011, Organization Behavior and Personnel Psychology. Richard D. Irwin, Homewood Illinois

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-09-30

How to Cite

Ghozali, I., Iswati, S., & Adam, S. (2020). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI DI PT.PERTAMINA LUBRICANT JAKARTA. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 211–223. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1094